Logo Harianhaluan

Ikuti Prokes Ketat, BLK Lubuk Sikaping Buka Lagi Pelatihan Berbasis Kompetensi

Ikuti Prokes Ketat, BLK Lubuk Sikaping Buka Lagi Pelatihan Berbasis Kompetensi
Calon peserta PBK Gelombang 1 tengah mengikuti tahapan seleksi di Aula BLK Lubuk Sikaping. 

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, kembali menggelar pelatihan kerja berkompetensi untuk tahun 2021. Ratusan pencari kerja dan yang putus sekolah tampak antusias mengikuti tahapan seleksi.

Kepala UPT BLK Lubuk Sikaping, Haryadi mengatakan, bahwa seleksi peserta pelatihan kerja di BLK itu sangat ketat. Para calon peserta diminta mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca Juga : Dapat Program Aladin, Pemprov Sumbar Bedah Rumah Junaidi

"Jauh berbeda dengan sebelumnya. Kali ini para peserta dipanggil dengan bertahap dan secara terbatas," ujar Haryadi lewat pesan singkat, Rabu (3/2/2021).

Dikatakan, calon peserta ketika memasuki area seleksi dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu. Lalu diarahkan untuk mencuci tangan, selanjutnya diantar memasuki ruangan hingga menempati tempat duduk yang sudah diatur berjarak.

Baca Juga : Sumbar akan Aktifkan Kembali Tempat Karantina Pasien Covid-19

"Para peserta seleksi tersebut mengikuti tahapan seleksinya dengan serius dan semangat," imbuh mantan Sespri Bupati Yusuf Lubis ini.

Para peserta, kata ayah dua anak ini, berasal dari lulusan SD, SLTP, SMA, SMK bahka dari mahasiswa juga ada. Mereka, mendaftar online di web sisnaker, milik Kemnaker RI. Pelatihan berbasis kompetensi untuk gelombang pertama tahun ini sebanyak lima kegiatan pelatihan.

"Adapun kelima kejuruan tersebut yakni, Otomotif, Garmen, Practical Office dan Prosessing sebanyak dua kelas. Kuota yang disediakan untuk PBK Gelombang I sebanyak 80 kursi. Sementara pendaftar sebanyak 163 orang," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perdaginnaker) Kabupaten Pasaman, MN Susilo mengaku bersyukur atas adanya program pelatihan ini, sehingga putra putri Pasaman bisa dilatih skiil dan keahliannya, dalam rangka menghadapi tantangan global.

"Program pelatihan berbasis kompetensi ini didapatkan melalui kerjasama yang baik antara BLK Lubuk Sikaping dengan BLK Padang selaku UPTP Pembina BLK di wilayah Sumbar, Riau dan Kepri," ujarnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Milna Miana