Logo Harianhaluan

Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19 

Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19 
Brian Putra Bastara (Caketum BPC HIPMI Sumatera Barat) 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia melumpuhkan berbagai sektor kehidupan manusia. Pandemi tidak hanya terkait sektor kesehatan saja, tetapi perekonomian juga 'babak belur' karena hal tersebut. Oleh karena itu, pemerintah provinsi dan pusat melakukan berbagai langkah strategis untuk dapat memulihkan sektor perekonomian

 

Baca Juga : Investasi Tumbuh, Indonesia Maju

Oleh: Brian Putra Bastara (HIPMI Sumbar)

Berdasarkan rilis BPS Provinsi Sumatera Barat, pertumbuhan ekonomi Sumbar jauh menurun dibandingkan tahun 2019 yang tumbuh sebesar 5,01 persen, dan pada 2018 mencapai 5,14 persen. Sektor usaha yang bertahan pada masa pandemi adalah jasa informasi dan komunikasi yang berkontribusi sebesar 6,2 persen. Karena adanya kebijakan belajar dari rumah untuk pelajar dan mahasiswa, kemudian juga work from home sehingga kebutuhan internet meningkat. 

Baca Juga : Kenangan Bersama Bang Rusdi Lubis

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Kita bisa melihat, untuk dapat memulihkan kondisi ekonomi tersebut butuh koordinasi dan sinergi kebijakan dari berbagai pihak agar lebih efektif. Selain itu, koordinasi dan sinergi kebijakan menjadi kunci utama untuk pemulihan sektor tersebut. Namun demikian, yang lebih penting lagi adalah eksekusi bagaimana cara menjalankan itu semua. Ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk bersinergi memulihkannya. 

Kita butuh strategi yang bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi ini. Seperti meningkatkan konsumsi rumah tangga, kita akan kuatkan peningkatan perekonomian yang berbasis UMKM di Sumbar. Sebagaimana diketahui, UMKM didominasi oleh pedagang yang merupakan bagian dari ekonomi berbasis UMKM tersebut. 

Nantinya, di program kerja HIPMI Sumbar yang menjadi prioritas akan berpartisipasi untuk memulihkan perekonomian masyarakat yang terus merosot. Sehingga capaian, peran HIPMI bisa dirasakan di tengah-tengah masyarakat. Era sekarang kita bisa lihat, menjadi saat yang berat untuk semua orang. Di sinilah peran kita, untuk bisa menjembatani antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Karena kita tahu bahwa HIPMI selalu mendukung dan dekat dengan pemerintahan. 

Kita sama-sama berharap dan berjuang untuk HIPMI Sumbar dapat menjadi wadah pengusaha lainnya untuk bisa melakukan inovasi untuk dapat menambah relasi serta keterampilan baru. Nantinya, kita akan berusaha bagaimana cara pelaku UMKM untuk dapat berinovasi, berkolaborasi dan menambah relasi. 

HIPMI akan turun tangan untuk ikut berkontribusi memulihkan perekonomian masyarakat serta pelaku UMKM. Kita juga akan mendorong generasi muda untuk membuka lapangan pekerjaan serta usaha-usaha baru. Tak hanya HIPMI Sumbar saja tapi kita juga akan melibatkan teman- teman BPC di kabupaten/kota. (*)

Editor : Heldi Satria