Logo Harianhaluan

Cara Membuat Kue Mangkuk Jajanan Legendaris dari Sumbar, Cobain Yuk

Cara Membuat Kue Mangkuk Jajanan Legendaris dari Sumbar, Cobain Yuk
Salah seorang pedagang kue mangkuk. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kue mangkuk merupakan salah satu jajanan legendaris dari Sumbar. Pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Kue ini memiliki rasa yang lengit di dalam dan gurih di bagian luar.

Berikut ada cara membuat kue mangkuk yang bisa dijadikan camilan di saat akhir pekan bersama keluarga di rumah.

Baca Juga : MAXstream Rilis Sajadah Panjang, Serial Orisinal Terbaru Spesial Ramadan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Salah seorang pedagang kue mangkuk, Dani menjelaskan, untuk awal mula membuat kue ini gula merah terlebih dahulu direbus pada malam hari. Pada pagi hari dilanjutkan dengan mencampurkan gula merah dengan tepung beras.

"Malamnya gula merah dicampur dengan air hangat, setelah itu diaduk pakai tepung beras. Dikasih sedikit gula pakai tapai," jelas Dani, Minggu (21/2/2021).

Baca Juga : Berikut Tips Aman Minum Kopi saat Bulan Ramadan

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Lalu, tahapan terakhir adonan yang sudah tercampur dituangkan dalam sayak atau yang terbuat dari batok kelapa. Jajanan tradisional ini dijual dengan harga Rp1.500. Pada hari biasa Dani bisa menjual kue mangkuk buatannya hingga 100 per hari. Sedangkan pada Sabtu-Minggu mampu terjual sebanyak 150 per hari.

"Untuk harga satu kue mangkuk dijual Rp1.500. Kalau pakai kotak kalau isian 5 Rp8 ribu, kalau isian 3 Rp5 ribu," ujar Dani.

Dari hasil penjualan kue mangkuk ini, Dani dapat memperoleh hasil hingga Rp300.000 setiap harinya. Meski jajanan ini termasuk kedalam jajanan tradisional yang sudah jarang ditemui namun dia mengaku dagangannya tidak pernah sepi pembeli. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana