Logo Harianhaluan

Heboh Vaksin Covid-19 Sebabkan HIV dan Kanker, Begini Faktanya

Heboh Vaksin Covid-19 Sebabkan HIV dan Kanker, Begini Faktanya
Ilustrasi 

HARIANHALUAN.COM - Belum lama ini beredar kabar di dunia maya yang menyebutkan beberapa macam penyakit, masalah kesehatan bahkan kematian yang diklaim sebagai penyebab dari vaksin. Kabar tersebut juga menyebutkan bahwa kasus HIV dan kanker akan meledak sebab vaksin flu paling beracun di dunia sama dengan vaksin Covid-19.

Tentunya kabar ini membuat masyarakat menjadi takut dan khawatir. Terlebih saat ini pemerintah tengah gencar melakukan vaksinasi kepada masyarakat dalam upaya menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok. Oleh sebab itu masyarakat diminta untuk tidak panik dan mencari jawaban yang tepat melalui sumber yang terpercaya.

Baca Juga : Hari Pertama, Jumlah Pergerakan Transportasi dan Penumpang Terkendali

Merangkum dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa (23/2/2021), KPCPEN menegaskan bahwa kabar mengenai isu tersebut tidak benar atau hanyalah hoax. Dalam unggahan tersebut, KPCPEN juga menjelaskan mengenai fakta mengenai vaksin yang sebenarnya.

“Vaksin flu belum pernah dilaporkan menyebabkan infeksi HIV maupun kanker. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa vaksin flu dan bahan kimia yang terkandung di dalamnya aman,” tulis unggahan itu dikutop dari okezone.com.

Baca Juga : Kemenkop UKM Fasilitasi Pelaku Usaha Kuliner Masuk Marketplace

Lebih lanjut, selama setengah abad terakhir, jutaan orang telah mendapatkan vaksin flu namun sangat sedikit orang yang mengalami masalah serius.

“Sebagaimana vaksin lainnya, efek samping dari vaksin flu kebanyakan ringan, seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak pada kulit di sekitar tempat suntikan, demam, kelelahan, dan sakit kepala,” tuntasnya. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : okezone.com