Logo Harianhaluan

Olahraga Rekreasi, Kiat Dharmasraya Siasati Penguatan Ketahanan Pelaku UMKM

Olahraga Rekreasi, Kiat Dharmasraya Siasati Penguatan Ketahanan Pelaku UMKM
Deretan Lapak Pedagang UMKM di Dharmasraya dalam gelaran kegiatan Olahraga Rekreasi di daerah itu oleh komunitas Persatuan Olahraga Buru Babi Indonesia (PORBI) setempat, di kawasan Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung, pada Minggu (21/02). 

PULAU PUNJUNG, HARIAN HALUAN.COM - Guna menyiasati ketahanan populasi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) setempat berupaya mendukung kegiatan Olahraga Rekreasi di daerah itu. 

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Penyekatan Mudik, Kapolda Sumbar: Belum Ada yang Nekat Menerobos

Kepala Dinas Budparpora Kabupaten Dharmasraya, Sutan Taufik, melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Sutadi, Selasa (23/02) mengatakan, salah satu bentuk kegiatan tersebut seperti yang digelar pihak Persatuan Olahraga Buru Babi Indonesia (PORBI) setempat. 

Dalam kegiatan tersebut pihaknya bersama Porbi Dharmasraya, menggelar kegiatan berburu hama babi hutan dengan mengundang penggemar olahraga masyarakat tersebut dari berbagai daerah di Sumatera hingga Jawa. 

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Positif: 300, Sembuh: 302, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Alhamdulillah pada gelaran yang dilaksanakan di kawasan Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung pada Minggu (21/02) lalu, tingkat kehadiran peserta nyaris mencapai tiga ribu orang," ungkapnya. 

Dengan jumlah kunjungan tersebut, lanjutnya, tentu akan mendatangkan multiplier efek cukup tinggi terhadap masyarakat pedagang dan pengusaha rumah makan tempat kegiatan tersebut diselenggarakan serta berimbas pada peningkatan hunian hotel dan penginapan yang ada di daerah itu. 

Sehingga, lanjutnya, adanya peningkatan kunjungan tersebut tentu akan berimbas pada bertambahnya nilai omzet dan pendapatan pelaku usaha. 

"Tentu kondisi yang baik itu akan memberikan nilai tambah terhadap upaya memperkuat ketahanan pelaku usaha setelah dihantam badai pandemi COVID-19," ulasnya.

Ia menegaskan, kegiatan olahraga rekreasi tersebut akan dijadikan kalender tetap dan tak hanya sekadar menjadi ajang penyaluran hobi tapi juga akan dikemas untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar kegiatan. 

Sementara itu, Ketua PORBI Kabupaten Dharmasraya, Slamet Wahyudi atau akrab disapa Lamat Baron, mengatakan membludaknya peserta pada kegiatan kali ini cukup menjadi bukti bagaimana minat terhadap olahraga itu cukup tinggi. 

Selain itu, tambahnya, dari testimoni peserta diakui bahwa kondisi bentang alam Dharmasraya dinilai sangat mendukung olahraga tersebut, karena disamping medan yang tidak berbahaya para peserta juga bisa menikmati keindahan alam dan keragaman budaya yang ada. 

"Salah satu kiat yang diterapkan adalah panitia menyediakan fasilitas penginapan gratis bagi peserta yang datang dari luar daerah, jika dinilai dengan anggaran yang dikeluarkan dengan efek positif yang diterima maka bisa dikatakan kegiatan itu cukup strategis dalam meningkatkan perputaran uang di tingkat lokal," jelasnya. 

Hal itu, lanjutnya, merupakan upaya sinergis antara pihaknya dengan pihak terkait dalam mendatangkan orang sebanyak-banyaknya guna menambah tingkat kunjungan bidang kepariwisataan dari sektor olahraga rekreasi. 

"Kami sudah menjadwalkan kegiatan berikutnya pada Juni dan Desember 2020, semoga animo peserta dan antusiasme masyarakat semakin bertambah demi terjalinnya rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar sesama pehobi olahraga berburu yang komunitasnya di Dharmasraya sudah mencapai 15 ribu jiwa bersama masyarakat setempat," tutupnya.  (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Heldi Satria