Logo Harianhaluan

Kasus Positif Covid-19 Menurun, Bukan Pertanda Pandemi Melandai

Kasus Positif Covid-19 Menurun, Bukan Pertanda Pandemi Melandai
Ilustrasi. Net 

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Pandemi Covid-19 belumlah melandai di Provinsi Riau.  Namun demikian, dalam sepekan belakangan kasus penambahan pasien terkomfirmasi positif Covid-19 mengalami penurunan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, penurunan kasus positif Covid-19 di Riau ini, belum menandakan kasus mulai melandai. Namun masih fluktuatif, karena sample swab yang masuk juga sedikit sehingga kasus yang terkomfirmasi juga sedikit.

Baca Juga : Viral! Pesta Pelajar di Kantor Bupati Langgar Prokes

“Ya, dalam seminggu ini kita bersyukur ada penurunan kasus positif. Tapi bukan berarti kita harus lengah, tetap waspada. Bisa saja sample yang masuk kan juga sedikit, jadi masyarakat harus tetap patuhi protokol kesehatan,” kata Mimi dikutip haluanriau.co (Haluan Media Group), Jumat (5/3/21).

Dijelaskan Mimi, dengan penurunan kasus positif ini, juga menandakan masyarakat mulai disiplin dalam menerapkan protoko kesehatan, dan meningkatkan imun setiap harinya dengan makanan yang bergizi.

Baca Juga : Dokter Reisa: Vaksinasi pada Bulan Ramadan tidak Membatalkan Puasa, Justru Diwajibkan

Selain itu juga, sejak adanya vaksinasi bagi tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat, dan mulainya vaksin bagi petugas publik, bisa menjadi faktor penurunan kasus positif.

“Bisa saja salah satu faktornya dimulainya vaksinasi, dan banyak juga masyarakat yang mulai sadar dengan terus meningkatkan imunitas masing-masing. Mudah-mudahan kasus positif di Riau semakin menurun dan melandai,” kata Mimi.

Baca Juga : Pria Lajang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Mematikan Ini

Menurut dia,  seperti untuk hari Kamis (4/3)  kemarin, terdapat penambahan sebanyak 87 kasus, dimana seminggu sebelumnya kasus positif berada di atas 100 kasus. Dan total kasus positif mencapai 31.707 kasus.

Sementara itu, untuk kabar baiknya, terdapat penambahan 70 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Dan total pasien yang sembuh mencapai 29.995 orang.

Baca Juga : Dokter Maxi: Percepatan Vaksinasi Butuh Peran Seluruh Elemen Masyarakat

Angka kesembuhan di Riau mencapai 95 persen, karena setiap harinya terdapat kesembuhan baik yang dari isolasi mandiri maupun yang dirawat di rumah sakit.

“Ahamdulillah, tota pasien yang sembuh mencapai 29.994 orang. Dan yang meninggal dunia akibat covid hari ini (kemarin red) bertambah 4 orang, total 773 meninggal dunia,” kata Mimi. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co