Logo Harianhaluan

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi di Perairan Sumbar Capai 3 Meter

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi di Perairan Sumbar Capai 3 Meter
Gelombang tinggi. Dok Media Indonesia 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Sumatera Barat (Sumbar). Berlaku Jumat (5/3/2021) sampai Sabtu (6/3/2021) diperkirakan ada gelombang tinggi hingga 3 meter di Perairan Sumbar dan Bengkulu.

Mengutip laman BMKG, potensi gelombang dengan ketinggian 0.25 - 1.25 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Barat Sumatera Barat, dan Perairan Timur Kep. Mentawai.

Baca Juga : Penyekatan Mudik, Kapolda Sumbar: Belum Ada yang Nekat Menerobos

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Perlu juga mewaspadai potensi gelombang dengan ketinggian 1.20 - 2.50 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Utara Siberut, Perairan Barat Kep. Mentawai, Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, dan Perairan Timur Enggano.

Begitu juga potensi gelombang dengan ketinggian 2.00 - 2.50 meter berpeluang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Positif: 300, Sembuh: 302, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Untuk prakiraan pasang surut Teluk Bayur, masyarakat diminta waspada pasang dengan ketinggian 1.1 meter. Diprediksi juga surut ketinggian 0.1 meter.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran adalah untuk perahu nelayan waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.26 meter dan kecepatan angin lebih dari 15 knots," kata BMKG.

Untuk kapal tongkang waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.50 meter dengan kecepatan angin lebih dari 15 knots. Sementara untuk kapal ferry waspadai ketinggian gelombang lebih dari 2.50 meter dengan kecepatan angin lebih dari 21 knots.

Terakhir apal ukuran besar (kargo/pesiar) waspadai ketinggian gelombang lebih dari 4.00 meter dengan kecepatan angin lebih dari 27 knots. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana