Harian Haluan

Harianhaluan.com

Menlu RI-Inggris Lakukan Pertemuan Bilateral

Menlu RI-Inggris Lakukan Pertemuan Bilateral
 

Retno menyebutkan, da­lam bidang perdagangan Ing­gris merupakan salah satu mitra yang paling besar bagi Indonesia. Inggris merupakan mitra ter­besar keempat di bidang per­dagangan. Sementara untuk bidang investasi, kata dia, Inggris merupakan mitra terbesar In­donesia di Eropa.

“Mengenai pariwisata, Ing­gris juga merupakan partner terbesar di Eropa,” lanjut dia.

Pada akhir pertemuan bila­teral, Menlu Inggris Philip Hammond menyatakan ha­rapan untuk kembali dia­da­kannya pertemuan bilateral khusus untuk membahas kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, di mana ajakan itu disambut dengan baik oleh Menlu Retno. “Hubungan antara Inggris dan Indonesia terus ber­kem­bang. Inggris sangat meng­hargai hubungan tersebut, dan kami berkomitmen untuk te­rus meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia,” ujar Hammond.


Menlu Inggris itu me­nyampaikan bahwa pihaknya berharap Indonesia memaikan peran yang lebih besar dalam upaya menjaga perdamaian di kawasan mau­pun di dunia inter­nasional.

Menanggapi hal itu, Menlu Retno mengatakan bahwa In­donesia merupakan salah satu negara yang berkontribusi ter­besar dalam menjaga per­da­maian, yaitu negara dengan peringkat ke-16 dalam upaya memelihara perdamaian dunia. Dia juga menyampaikan bahwa Indonesia sedang be­rupaya untuk mewujudkan “4.000 peace keepers vision” (visi 4.000 penjaga perdamaian). (h/inl)



Ikuti kami di