Harian Haluan

Harianhaluan.com

TNI Dukung Berantas Illegal Mining

TNI Dukung Berantas Illegal Mining
 

Panglima TNI juga me­nga­takan bahwa, kerja sama antara TNI dan Pertamina sudah ber­langsung dengan baik. Demikian juga dengan pe­nandatanganan Me­morandum Of Un­der­stan­ding (MoU) antara TNI dengan Pertamina yang bertujuan untuk dijadikan sebagai pedoman ke­dua belah pihak dalam meng­imple­men­tasi­kan rencana kerja sama tersebut.

Berdasarkan pengalaman, TNI pernah berhasil mena­ngani kegiatan eksploitasi tanpa ijin (Illegal Mining) baik yang dilakukan di wilayah Plaju Sumatera Selatan maupun penambangan emas di wilayah Kepulauan Buru, semuanya dapat diselesaikan bersama dan diterima dengan baik.

Pertamina merupakan Ob­yek Vital Nasional yang perlu dilindungi keberadaannya, demikian juga dengan keda­u­latan energi, bahkan TNI saat itu turut serta dalam mela­hirkan berdirinya Pertamina.

Hal tersebut tertuang da­lam Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Selaku Penguasa Perang Pusat No. PRT/PM/017/1957 Tanggal 15 Oktober 1957, dari PT. TMSU (Tambang Minyak Su­ma­tera Utara) dirubah men­jadi PT PERMINA (Peru­sahaan Minyak Nasional). Turut hadir dalam rapat ter­sebut para Di­rek­si Per­tamina EP dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Mi­nyak dan Gas Bumi (SKK Migas). (h/kcm)

Ikuti kami di