Harian Haluan

Harianhaluan.com

TNI AL Amankan Pesawat Pengintai Asing di Selat Philip

TNI AL Amankan Pesawat  Pengintai Asing di Selat Philip
 

JAKARTA, Haluan — TNI AL berhasil meng­amankan drone milik ne­gara asing di sekitar pera­iran Selat Philip, Ke­pulau­an Riau. Drone buatan Inggris tahun 1983 itu, mu­lanya ditemukan oleh kapal feri MV Pintas 9, Kamis 31 Maret 2016, kemarin.

“Pesawat drone beru­kuran sekira 2,5 meter de­ngan rentang sayap 1,5 meter ditemukan di Selat Philip kemarin,” ujar Kadis­pen Armabar, Letkol (La­ut) Ariris Miftachurrahman saat dikonfirmasi, Jumat (1/4/2016).

Ariris menambahkan, pesawat tersebut dilengkapi dengan antena, kamera, dan baling-baling di bagian buritan dan biasa di­guna­kan untuk sistem latihan perang pertahanan udara. Pesawat berbahan komposit kevlar dan kaca itu juga diperkuat dengan plastik dan memiliki daya jelajah hingga tiga jam.

“Kecepatannya 35-185 KT, kontrolnya pake remote jarak jauh,” imbuhnya.


Dalam operasionalnya, drone tersebut juga dileng­kapi dengan perangkat tam­bahan seperti radar, flare, atau sekam maupun arm target. Meski demikian, Ariris menyebut drone itu juga bisa berfungsi sebagai UAV pengintai dengan ka­mera.

“Menurut beberapa sum­ber, di kawasan Asia Tenggara, peralatan ini hanya dimiliki oleh Malay­sia dan Brunei Darussa­lam,” sambungnya.

Guna penyelidikan le­bih lanjut, rencanaya drone tersebut bakal dibawa ke Jakarta pada sore ini. “Iya, ditempatkan di Dinas Pene­litian dan Pengembangan TNI AL (Dislitbangsal),” tukasnya. (h/oke)



Ikuti kami di