Harian Haluan

Harianhaluan.com

BKPM Yakin Daya Saing Naik

BKPM Yakin Daya Saing Naik
 

JAKARTA, HALUAN — Pemerintah me­netapkan 11 pusat logistik berikat (PLB) di seluruh Indonesia. Agar daya saing investasi di Indonesia bisa mengimbangi negara-negara di Asia Tenggara.

Franky Sibarani, Kepala Badan Koor­dinasi dan Penanaman Modal (BKPM) mengatakan, pusat logistik berikat meru­pakan salah satu strategi untuk mening­katkan investasi dan daya saing.

“Dengan PLB bukan hanya akan men­jadi pusat logistik dan berikat secara nasional sebagai gudang, tapi juga menjadi hubungan logistik internasional,” kata Franky di Jakarta, Senin (4/4).

Franky melanjutkan, pusat logistik berikat sendiri merupakan investasi yang menjanjikan, karena dapat dijadikan sebagai penghubung ASEAN. Selain itu, PLB juga diharapkan bisa menumbuhkan industri UKM.


“Apakah itu pemasuk bahan baku tapi juga untuk ekspor (UKM). Dan yang terpenting adalah PLB ini untuk mengu­rangi biaya logistik,” tutur Franky.

Franky bilang, BKPM bersinergi dengan kementerian lain dalam merealisasikan 11 PLB itu. “Kami terus lakukan promosi dan undang investor serta jadikan Indonesia sebagai basis produksi dan dapat ciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Kata Franky, yang terpenting adalah proses PLB ini terus mendapatkan penga­walan guna perbaikan serta peningkatan dari waktu ke waktu. Mulai dari peningkatan layanan serta dukungan investasi. (h/inl)



Ikuti kami di