Harian Haluan

Harianhaluan.com

Menpar Arief Yahya Launching FPM 2016

Ratusan Pemburu Ombak Dunia Berkumpul di Mentawai

Ratusan Pemburu Ombak Dunia Berkumpul di Mentawai
MENTERI Pariwisata Arief Yahya, Wagub Sumbar Nasrul Abit, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dan Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Raseno Arya, saat memukul bedug tanda diluncurkannya Festival Pesona Mentawai 2016 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (5/4). (RYAN SYAIR) 

JAKARTA, HALUAN —  Se­kitar seratusan pemburu ombak dan peselancar du­nia, dipastikan akan ikut meramaikan perhelatan Festival Pesona Mentawai (FPM) 2016, yang secara resmi dilaunching Menteri Pariwisata, Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Ja­karta, Kantor Kementerian Pariwisata, Selasa (5/4).

“Para surfer dunia ter­sebut, akan ambil bagian pada ajang kompetisi Me­n­tawai Pro Surf 2016, yang akan dihelat di Pulau Sipora Se­latan,” kata Bupati Men­tawai, Yudas Sabaggalet usai peluncuran FPM 2016 kemarin.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya da­lam sambutannya me­nga­takan, selain ditarget akan menjadi sasaran kunjungan wisata bahari dan budaya terbesar di wilayah pantai barat Sumatera, dari pe­nye­lenggaraan FPM 2016 ini, juga diharapkan akan efektif dalam mempromosikan Me­n­tawai sebagai destinasi wisata surfing dunia.

“Mentawai punya po­tensi itu. Ombaknya yang besar, telah diakui dunia inter­nasional. Tinggal ba­gai­mana memoles dan me­mak­simalkan segala potensi yang ada,” kata Menteri Arief Yahya.


Dikatakan, pelaksanaan FPM 2016 yang didukung sepenuhnya Kementerian Pariwisata, diharapkan bisa sekaligus sebagai sarana promosi Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, demi mendukung ter­ca­pai­nya target 12 juta kun­jungan wisatawan man­ca­negara (wisman) dan 260 juta per­gerakan wisatawan nusantara (wisnus) tahun ini.

Berangkat dari harapan tersebut, Kementerian kata Arief Yahya, akan mem­berikan dukungan penuh untuk suksesi pe­nye­leng­garaan kegiatan yang akan dipusatkan yang di­pusatkan di Pantai Mapadegat Ke­camatan Sipora Utara, pada 19 hingga 24 April 2016 mendatang itu.

“Kita akan jadikan FPM ini sebagai festival wisata tahunan. Sebagai bentuk dukungan lainnya, kita juga akan segera buatkan master plan untuk pengembangan destinasi wisata Mentawai pada tahun ini juga,” kata Arief Yahya.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan, FPM 2016 akan menjadi langkah awal untuk per­cepatan pembangunan ke­pariwisataan di Kepulauan Mentawai. Melalui iven ini ka­ta Yudas, dia me­nar­get­kan kenaikan kunjungan wis­man dan wisnus men­capai angka 30 persen dari tahun 2015 lalu.

“Melalui FPM 2016 ini, kita targetkan jumlah kun­jungan bisa menembus ang­ka 10 ribu untuk wisman dan 4.000 pengunjung un­tuk wisnus,” tandas Yudas.

Wakil Gubernur Sum­bar Nasrul Abit, turut me­ngapresiasi ter­laksananya FPM 2016, yang sepe­nuh­nya didukung oleh Ke­menterian Pariwisata. Pem­prov Sumbar kata Nasrul, sangat berharap agar pe­me­rintah pusat melalui Ke­men­terian Pariwisata, terus memberikan perhatian pe­nuh untuk pengembangan destinasi wisata Mentawai dengan segala infrastruktur penunjangnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Me­n­teri atas dukungannya ter­ha­dap pelaksanaan FPM 2016 ini. Kita berharap, ini akan menjadi langkah awal untuk kemajuan Mentawai yang masih jauh tertinggal,” kata Nasrul.

Asisten Deputi Pe­ngem­bangan Segmen Pasar Per­sonal Kemenpar Raseno Arya menambahkan, FPM merupakan iven wisata ba­hari dan budaya yang me­narik untuk disaksikan wis­a­tawan dalam dan luar negeri.

“Jangan lupa lingkari tanggal 19-24 April dan kita ramai-ramai ke Mentawai. Kuliner di kepulauan ini enak-enak. Bisa surfing ju­ga,” ujar Raseno.

FPM 2016 kata Raseno, akan dimeriahkan dengan kegiatan Mentawai pro­fesional surf, prosesi unik pernikahan adat, permainan rakyat khas Mentawai, kar­naval budaya, lomba lagu dan tari tradisi, tarian spri­tual adat, prosesi rajah tato tradisional, pelestarian ko­ral dan mangrove, per­tun­jukan budaya dan festival kuliner tradisional. “Kita juga akan hadirkan artis dan musisi ibukota, Katon Ba­gaskara untuk me­me­riah­kan FPM 2016 ini. Un­tuk itu, mari kita bera­mai-ramai ke Men­tawai,” ajak Raseno yang juga urang awak itu. (h/yan)



Ikuti kami di