Harian Haluan

Harianhaluan.com

PKS Tunjuk Ledia Hanifa Gantikan Fahri Hamzah

PKS Tunjuk Ledia Hanifa Gantikan Fahri Hamzah
 

JAKARTA, HALUAN — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menunjuk Ledia Hanifa Amaliah sebagai pengganti Fahri Hamzah di posisi Wakil Ketua DPR RI. PKS sudah mengirimkan surat pergantian posisi Wakil Ketua DPR tersebut ke Sekretaris Jenderal DPR RI, Rabu (6/4) dan diterima pukul 13.59 WIB. 

Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman menegaskan, pergantian posisi wakil ketua DPR tidak terkait dengan proses pergantian antar waktu (PAW) Fahri Hamzah. Menurutnya, meskipun Fahri melayangkan gugatan ke Penga­dilan Negeri Jakarta Selatan, proses pergantian posisi wakil ketua DPR dapat terus diproses.

“Pergantian pimpinan DPR tidak ada kaitannya dnegan proses hukum, pergantian pimpinan adalah hak fraksi, maka pimpinan harus segera memprosesnya,” kata Sohibul, Kamis (7/4).

Sohibul melanjutkan, gugatan Fahri Hamzah di PN Jaksel tidak akan berim­plikasi pada penundaan pergantian sebagai angota. Pergantian posisi pimpinan DPR tidak perlu menunggu ada ketetapan hukum dari pengadilan. Yang harus me­nunggu ketetapan hukum untuk me­lanjutkan proses adalah PAW Fahri Ham­zah sebagai anggota DPR RI.


“Gugatan FH (Fahri Hamzah) berim­plikasi pada penundaan pergantian sebagai anggota (PAW), harus menunggu ada ketetapan hukum inkrah,” kata dia.

Sohibul mengatakan, penunjukan Ledia Hanifa menggantikan Fahri Hamzah sudah didasarkan intergritas, kapasitas dan kapabi­litas yang Ledia. Ledia dinilai mumpuni untuk mnempati posisi Wakil Ketua DPR RI didasarkan pada rekam jejak anggota legislatif perempuan satu-satunya dari PKS tersebut.

Ledia sudah menunjukkan kapa­sitas­nya sebagai pimpinan di komisi bidang kesejah­teraan. Hal itu cocok dengan posisi pimpi­nan DPR yang dijabat Fahri Ham­zah, yaitu pimpinan DPR bidang ke­sejahteraan rakyat. “Wakil Ketua DPR bidang kesejahteraan rakyat adalah mem­bawahi komisi 8 sampai 10, jadi Ledia Hanifa sangat mumpuni,” kata Wakil Komisi X DPR RI ini. (h/rol)



Ikuti kami di