Harian Haluan

Harianhaluan.com

Obat HIV Resmi Disetujui FDA

Obat HIV Resmi Disetujui FDA
 

JAKARTA, HALUAN —  Setelah satu dekade belum ada pengobatan resmi untuk Human Immuno Deficiency Virus (HIV), federasi obat dan makanan akhirnya menyetujui sebuah temuan obat baru untuk penyembuhan penyakit itu.  Sebuah pengobatan baru untuk HIV, Descovy, telah disetujui oleh otoritas federal. Obat Descovy, yang dibuat oleh Gilead Sciences itu telah disetujui oleh pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA), seperti diumumkan oleh perusahaan pekan ini, dikutip dari TIMES.

Obat kombinasi ini adalah pil harian yang meng­gunakan dua obat yang sudah disetujui untuk penyakit HIV. Obat ini dapat diberikan dengan dosis yang lebih rendah dibandingkan dengan perawatan lainnya, termasuk perusahaan obat lainnya yakni tenofovir, karena dapat menjadi obat yang lebih efisien.

“Ini merupakan pengobatan HIV pertama yang disetujui oleh FDA pada lebih dari satu dekade, Descovy merupakan evolusi penting dalam perawatan HIV,” kata perusahaan itu dalam pernyataannya.

Namun, obat ini memiliki efek samping seperti penumpukan asam laktat dalam aliran darah dan diperparah infeksi hepatitis sebelum B. Descovy diperkirakan akan mencapai angka 1 miliar dolar dalam penjualannya.


HIV sendiri merupakan virus yang menyerang penurunan daya tahan tubuh dan dapat menyebabkan penyakit Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), yaitu kumpulan berbagai gejala penyakit sebagai dampak dari menurunnya sistem dan fungsi kekebalan tubuh oleh virus HIV. (h/inl)



Ikuti kami di