Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Warga Sulit Air Keluhkan Infrastruktur yang Masih Tertinggal

Warga Sulit Air Keluhkan Infrastruktur yang Masih Tertinggal
Aspirasi--Anggota DPD RI Nofi Candra menyerap aspirasi masyarakat saat kunjungan resesnya ke Nagari Sulit Air kec. X Koto Diatas, Minggu (22/1) YUTIS WANDI 

SOLOK, HALUAN--Upaya untuk mendorong perkembangan nagari Sulit menuju nagari pariwisata masih terkendala infrastruktur jalan yang memadai dan mendukung program tersebut.

 

Hal ini terungkap saat diskusi anggota DPD RI asal Sumbar H. Nofi Candra bersama warga nagari Sulit Air di ruang pertemuan Kantor wali nagari setempat, Minggu (22/1) kemaren.

 

Hadir dalam pertemuan itu anggota DPRD Kab. Solok Ahmad Purnama, Wali Nagari Sulit Air Hj. Alek Suryani, ketua BMN, tokoh masyarakat Erwin Saman Dt Gompo, Bundo Kanduang dan masyarakat.

 

Wali nagari Sulit Air Hj. Alek Suryani, saat ini pemerintah nagari bersama perantau setempat tengah berupaya mengangkat potensi nagari Sulit Air melalui pengembangan berbagai potensi wisata yang dimiliki.

 

Selain bukit batu merah putih dengan jonjang seribunya, potensi lain yang dimiliki dan baru dikembangkan adalah bukit Batu Galeh dan Air terjun Timbulum. Sementara dalam waktu dekat, 1 ivent akbar bertaraf internasional bertajuk Tour de Sulit Air 10 K juga akan digelar. "Kegiatan ini diangkat untuk mengenalkan potensi pariwisata yang kita miliki," kata Alek Suryani.

 

Namun demikian kata dia, pihaknya sangat mengeluhkan akses jalan yang belum memadai untuk menunjang upaya itu. Karena jalan yang ada saat ini, disamping sempit dan kecil, juga sudah banyak yang rusak.

 

Padahal jalan yang ada di Sulit Air, merupakan akses penghubung ke nagari tetangga dan kabupaten tetangga seperti Tanah Datar dan Sawah Lunto. 

 

"Kami berharap, seiring dengan diangkatnya agenda wisata internasional TdSA ini, juga dibarengi dengan perbaikan jaringan infrastruktur yang memadai pula. Kita berharap hal ini menjadi pemikiran dari wakil rakyat yang ada di DPR dan DPD untuk menyampaikan aspirasi ini kepada kementerian Pariwisata dan kementerian PU," katanya.

 

Selain itu kata Wali Nagari, pada setiap ada keramaian seperti kegiatan pulang basamo perantau dan kegiatan alek nagari lainnya, seringkali menimbulkan kemacetan karena kendaraan yang lewat, sulit berpapasan. "Inilah yang menjadi harapan kami warga Sulit Air, semoga kedepan jaringan infrastruktur yang menghubungkan daerah ini dengan daerah lain bisa lebih baik dari yang sekarang," pintanya.

 

Ikuti kami di