Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

1 Hektar Kebun Jagung dan Sawit Hangus Terbakar di Pasbar

1 Hektar Kebun Jagung dan Sawit Hangus Terbakar di Pasbar
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar kebun jagung dan pisang di dekat kawasan permukiman masyarakat di Jorong Pasamaan Baru, Nagari Lingkung Aur, Kecematan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (15/2), sekitar 10.00 WIB.  

PASBAR,HALUAN--Tim gabungan Pemkab Pasbar berhasil memadamkan api yang membakar kebun jagung dan pisang di dekat kawasan permukiman masyarakat di Jorong Pasamaan Baru, Nagari Lingkung Aur, Kecematan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (152), sekitar 10.00 WIB. Kurang lebih 1 hektar lahan hangus akibat kebakaran tersebut.

 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Satuan Pamong Praja Kabupaten Pasbar, Edi Mardani, Selasa (15/2).

 


Dia menye­butkan, terbakarnya kebun itu karena pembakaran yang dilakukan oleh masyarakat pemilik kebun yang hendak membersihkan lahannya dengan cara membakar sehingga api nya menjalar ke pemukiman masyarakat yang tidak jawuh dari lokasi kebakaran tersebut. Serta faktor keke­ringan akibat musim kemarau yang melanda wilayah itu.

 

Dia melanjutkan, terbakar­nya kebun itu di diketahui atas laporan masyarakat setempat. “Pemadaman api dilakukan oleh lebih kurang dari 20 personil pemadam kebakaran yang dibantu oleh warga setempat, katanya

 

Dia menceritakan, setelah men­daptkan laporan kebakarang itu, pihaknya langsung mengerahkan petugas untuk memadamkan api di lapangan. Api pun bisa dipa­damkan.

 

“Dalam keadaan yang sulit, saya menekankan kepada petugas agar tidak pulang sebelum api padam. Alhamdulillah, atas kerja sama yang baik, api bisa di atasi,” ucapnya.

 

Atas kejadian itu, Edi Mardani mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan secara sembarangan karena akan sangat berbahaya, seperti memicu keba­karan.

 

Pihaknya juga me­ngingatkan para masyarakat untuk tidak membuang apapun yang bisa menyulut kobaran api di permukiman seperti puntung rokok, imbaunya.

 

Sementara di Pasaman Baru Permai, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (15/2) sekitar Jam 23.15 WIB malam, kebakaran juga terjadi pada titik kotak Telkom yang berada diwilayah itu. Pantauan haluan api sempat membesar namun dengan kerja keras masyarakat dan pihak pemadam kebakaran api berasil dijinakan.

 

Sedangkan akibat kebakaran itu akses jaringan Telkom untuk wilayah Pasaman Baru Permai dan sekitar terganggu. (h/idn)



Ikuti kami di