Harian Haluan

Harianhaluan.com

Di Tangan Fadli Zon, Kisah Gemilang Orkes Gumarang Jadi Buku

Di Tangan Fadli Zon, Kisah Gemilang Orkes Gumarang Jadi Buku
Fadli Zon memberikan sambuatan dalam peluncuran buku  

PADANG, HALUAN – Rumah Budaya Fadli Zon yang terletak di Nagari Aia Angek, Tanah Datar Sumatera Barat, meluncurkan buku Orkes Gumarang karya Fadli Zon. Peluncuran buku yang dilakukan Sabtu (25/2), untuk mengenang musik legendaris dari Ranah Minang tersebut.

 

Dijelaskan Fadli Zon, seni musik daerah merupakan kekayaan budaya yang perlu dikembangkan. Keberagaman tradisi dan budaya nusantara menjadi penguat rasa persatuan nasional. Perbedaan menjadi kekuatan, bukan ancaman. Karena itu, pemahaman terhadap keragaman seni menjadi titik masuk untuk dialog budaya Indonesia.

 

“Orkes musik Gumarang yang berakar dari budaya Minangkabau merupakan contoh diterimanya berbagai kebhinekaan seni itu. Gumarang yang banyak mendendangkan lagu Minang bisa diterima publik dari berbagai etnis berbeda,” terang Fadli Zon dalam acara Peluncuran Buku "Orkes Gumarang: Kisah Syaiful Nawas," karya Fadli Zon, (25/2 ) di Rumah Budaya Fadli Zon. Acara itu dihadiri langsung oleh dua legenda personel orkes Gumarang Anas Joesoef  (81) dan Syaiful Nawas (85). Hadir juga beberapa Bupati, pimpinan dan anggota DPRD Sumatera Barat, seniman dan budayawan se-Sumatera Barat dan penggemar musik serta duta buku Najwa Shihab.

 

Buku "Orkes Gumarang" mencatat sejarah musik di masa 1950-an dan 1960-an.

Ikuti kami di