Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Gelar Seminar, STIE El Hakim Hadirkan Anggota DPR

Gelar Seminar, STIE El Hakim Hadirkan Anggota DPR
Hermanto (kiri) menyampaikan pemaparannya dalam seminar nasional yang digelar STIE El Hakim, Sulit Air, Solok, akhir pekan ini. IST 

SOLOK, HALUAN – Anggota DPR RI Dr.Hermanto menyebutkan ekonomi Islam lebih mengutamakan prinsip keadilan sehingga bisa memberikan peluang kepada setiap orang untuk membangun bisnis dengan basis kejamaahan.

Karenanya, politisi PKS ini menilai, pembangunan ekonomi islam memiliki urgensi dan suatu keniscayaan ditengah ketidak berdayaan sistem ekonomi global dalam mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial.

Dalamperbincangannya dengan media ini, Rabu (15/3), rang Kurai Taji, Pariaman ini menyebutkan hal itu telah disampaikannya dalam  dalam seminar Nasional yang bertajuk Membangun Ekonomi Islam dan Pendidikan Karakter Versi Islam, diselenggarakan oleh STIE el-Hakim Sulit Air, akhir pekan ini.

Pada seminar itu, Hermanto tak sendiri. Ia menjadi narasumber bersama dosen di kampus tersebut, M.Zainal Arif MA. Lebih jauh, kata Hermanto, Indonesia dengan mayoritas umat islam sudah saat nya melakukan konsolidasi ekonomi secara struktural dan kelembagaan yang lebih kuat.

“Sudah saat nya umat islam Indonesia mengelola ekonomi strategis, investasi, industri dan perdagangan yang berbasis pertanian. Membangun sistem finansial yang kokoh sehingga sumber dan aset keuangan umat dapat dikelola dengan optimal untuk kesejahteraan bangsa.  Sehingga umat islam tidak termarjinalkan dalam ekonomi,” pungkas jebolan Doktor ekonomi dan bisnis IPB.

Zainal Arif sendiri mengatakan di tengah semakin kuatnya perubahan teknologi informasi perlu didukung dengan karakter dan perilaku yang kuat. Setiap orang sangat rentan dengan pengaruh globalisasi oleh karena itu perlu sistem pengawasan sosial. Islam sangat sarat dengan norma dan value untuk menguatkan karakter pangkas-nya. (h/rel/mat)



Ikuti kami di