Harian Haluan

Harianhaluan.com

REAKSI CEPAT PLN SAAT BANJIR SIJUNJUNG

Kurang 24 Jam, Pelayanan Listrik Kembali Normal

Kurang 24 Jam, Pelayanan Listrik Kembali Normal
PETUGAS PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat bencana bajir di Sijunjung, Selasa (28/3). HUMAS PLN 

SIJUNJUNG, HALUAN.Com – Banjir yang melanda dua kecamatan di Kabupaten Sijunjung pada Selasa (28/3) tidak hanya menganggu aktifitas warga dan korban harta benda, namun  juga merusak jaringan listrik. Akibatnya listrik padam, sehingga pelayanan terganggu.

 

Lokasi banjir terparah tepatnya di Kecamatan Lubuk Tarok dan Kecamatan Sijunjung. Beberapa tiang listrik milik rusak, sehingga trafo padam dan tidak dapat mengaliri listrik ke rumah pelanggan.

 

Selain tiang listrik yang rusak, beberapa trafo juga terendam banjir. Melihat kondisi itu, Tim Siaga PLN Wilayah Sumatera Barat di masing-masing Rayon langsung turun ke lokasi untuk melakukan recovery,” kata General Manager PLN Wilayah Sumatera Barat, Bambang Yusuf, kemarin.

 

Komitmen untuk selalu siaga dibuktikan PLN Wilayah Sumatera Barat dengan segera membenahi jaringan yang rusak. Kurang dari 24 jam, seluruh upaya recovery infrastruktur kelistrikan telah selesai.

 

Bambang Yusuf mengungkapkan, PLN selalu bertekad untuk sesegera mungkin memperbaiki jaringan listrik yang rusak. Baik disebabkan faktor alam seperti bencana, ataupun gangguan teknis.


“Setelah sebelumnya memastikan kondisi aman, petugas PLN langsung memperbaiki sejumlah tiang listrik yang tumbang. Namun sempat ada kendala dengan tiang-tiang yang masih terendam banjir, saat itu belum bisa kami eksekusi karena faktor keamanan bagi petugas kami dan warga sekitar,” tutur Bambang.

 

Dia menambahkan, gangguan terjadi pada Percabangan Silalak Kulik, di mana terdapat 1 trafo padam yang berdampak pada 50 pelanggan. Hal ini terjadi akibat tiang miring. Begitupun Percabangan Pulasan, dimana 11 trafo padam yang berdampak pada 600 pelanggan. Ini terjadi akibat tiang tumbang. Sementara di Percabangan Silokek sekalipun kondisinya tidak padam, sempat dalam kondisi siaga karena air 2 meter lagi akan sampai ke jaringan. 

 

Selain itu, juga terdapat gangguan Saluran Udara Tegangan Rendah yang berlokasi di Lubuk Tarok. Namun untuk gangguan ini bisa segera diselesaikan.

 

Hingga tadi malam, Selasa (28/3), PLN masih terus melakukan tindakan penormalan karena seluruh pekerjaan sudah selesai. Bila semua lancar, malam itu juga listrik di Sijunjung sudah pulih kembali.

 

“Kami PLN dan masyarakat Sijunjung tentunya mengharapkan banjir segera surut sehingga tidak ada lagi rumah atau fasilitas publik yang terendam banjir. Bila pun banjir, PLN berjanji untuk selalu standby memperbaiki infrastruktur listrik yang rusak agar masyarakat dapat menikmati listrik seperti sedia kala,” tambah Bambang.

 

PLN juga meminta kepada setiap masyarakat untuk selalu waspada terkait pemakaian listrik di saat musibah banjir, karena hal itu sangat berbahaya. Jika masyarakat menemukan kendala atau kejanggalan dalam pelayanan listrik segera laporkan ke PLN setempat. (h/adv)

Ikuti kami di