Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Di Sijunjung, Ada Samsat Masuk Nagari

Di Sijunjung, Ada Samsat Masuk Nagari
 

SIJUNJUNG,HALUAN—Samsat Kabupaten Sijunjung aktif turun ke lapangan guna mensosialisasikan pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat.

Termasuk saat pelaksanaan program Polres Sijunjung yaitu “ Polisi Mencair” yang sudah merupakan kalender kegiatan Polres Sijunjung yang diemban Fungsi Sat Binmas, Senin (10/4) di Kenagarian Kandang Baru Kecamatan Sijunjung, dimana Kanit Registrasi dan Indentifikasi (Regident) Satlantas Polres Sijunjung Iptu Zamrinaldi SH menggelar sosialisasi di Aula kantor wali Nagari setempat.

Di sela-sela pelaksanaan program Polisi Mencair tersebut, Iptu Zamrinaldi yang didampingi Wali Nagari Kandang Baru Marhalim menyampaikan materi tentang mekanisme pelayanan dalam pengurusan Penerbitan STNK dan terus menggugah serta mendorong kesadaran masyarakat agar taat akan pajak, terutamanya pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat.

“ Membayar Pajak adalah kewajiban bagi kita semua, termasuk pemilik kendaraan bermotor maupun mobil, Kami terus lakukan sosialisasi ini, dengan harapan masyarakat dapan mengerti dan tidak ada lagi salah tafsir” ujarnya saat melaksanakan sosialisasi yang dihadiri oleh perangkat nagari dan Kepala Jorong yang ada di Kenagarian kandang Baru.


Kanit Regident juga menyampaikan pelayanan publik di Samsat Sijunjung tentang pembayaran Pajak kendaraan bermotor serta  tentang pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor  plat nomor Sumatera Barat (BA) mulai Ranmor roda 2(dua),roda 4(empat) dan seterusnya sudah bisa di bayarkan pajaknya  di kantor Samsat dimana warga wajib pajak tersebut berdomisili dengan catatan membawa BPKB,STNK dan KTP.

“Kecuali kendaraan plat kuning serta habis masa berlakunya STNK kendaraan tersebut harus kembali pengurus ke daerah asal nya,” ucapnya.

Zamrinaldi mengatkan bahwa program sosialisasi kesadaran membayar pajak selalu dilakukan di setiap kesempatan dan disemua tingkatan dan kelompok masyarakat lainnya dalam kesempatan yang berbeda-beda dan hal ini dilakukan untuk pemberian pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat.

Sementara itu, Wali Nagari  Kandang Baru Marhalim beserta kepala Jorong mengaku puas dengan penjelasan serta sosialisasi mengenai pajak kendaraan serta mekanisme pelayanan dalam pengurusan Penerbitan STNK dan berjanji akan menyampaikan hal tersebut  kepada seluruh warga saat pertemuan-pertemuan dan  Masjid saat pelaksanaan sholat Jum'at. (h/ogi)



Ikuti kami di