Harian Haluan

Harianhaluan.com

PKL Padang Panjang Ditertibkan Pol PP

PKL Padang Panjang Ditertibkan Pol PP
 

PADANG PANJANG, HALUAN—Untuk menciptakan susana kondusif, aman dan tertib di Kota Padang Panjang, Satuan Polisi Pamong Praja (SatPolPP) dari Dinas SatpolPP-Damkar Kota Padang Panjang terus melakukan berbagai upaya dalam menertibkan para pedagang yang sering berjualan di sepanjang trotoar kota berjuluk “Serambi Mekah” itu.

Salah satu upaya dan komitmen untuk berperan aktif ini, terlihat saat regu Ops dan Banpol Putri melakukan pendekatan persuasif dengan memberikan sosialisi kepada pedagang kaki lima yang membandel.

KasiOps SatPol-PP Kota Padang Panjang Musben Zakir mengatakan, para pedagang yang menggelar lapak dagangannya di fasilitas umum (fasum) diberikan sosialisasi mengenai peraturan dan larangan penggunaan trotoar atau fasilitas pejalan kaki sebagai lahan berjualan seperti yang diatur dalam UU No. 22 Th 2009 Pasal 274 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Mereka tidak digusur, lapak, tenda atau gerobak yang terjaring akan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman dan tidak menggangu jalan dan fasilitas pejalan kaki,” ujar Musben Zakir.

Musben Zakir menambahkan, pihaknya akan terus men-yosialisaskan dengan pendekatan persuasif kepada masyarakat terutama pedagang kaki lima.

Tidak hanya itu, UU tersebut mengatur mengenai gangguan terhadap fasilitas pejalan kaki, peletakan papan ucapan yang dapat mengganggu fasillitas pejalan kaki juga akan ditindak.

“Untuk tahap awal, penertiban yang kami lakukan bukan menyita properti yang berada di fasilitas umum, namun memindahkan ke tempat yang lebih aman, seperti yang kami amankan saat adanya pesta di gedung M. Syafei dengan memindahkan papan tersebut ke tempat yang lebih aman dan tidak mengganggu pejalan kaki,” terang Musben Zakir. (h/pis)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...