Harian Haluan

Harianhaluan.com

Mahasiswa dan Dosen UBH

Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional
 

PADANG, HALUAN --Tiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Bung Hatta angkatan 2014 berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Imiah Call Paper untuk katagori mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 25 hingga 27 April 2017. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Arespi Junindra, Akmad Badrul Lubis dan Yefdi Mairisman.

Perlombaan ini merupakan rangkaian pertama dari kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) serta Seminar dan Lokakarya Nasional (Semiloknas) yang diselenggakan oleh Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS). Lomba Karya Tulis Imiah Call Paper diikuti kurang lebih 150 paper dosen dan mahasiswa seIndonesia.

Arespi Junindra, ketua tim menjelaskan bahwa pihaknya mengetahui perlombaan ini dari ketua jurusan. Tahap pertama dimulai dengan pengiriman call paper melalui website yang diberikan sesuai dengan ketentuan penulisan yang telah ditetapkan. Tahap selanjutnya menunggu informasi melalui email apakah Call Paper tersebut diterima, kemudian diberikan undangan untuk mengikuti Rakernas dan Semiloknas BKS-PTIS di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. 

"Setelah diberikan undangan, maka kami menjadi peserta dalam kegiatan ini. Kami berharap dengan adanya prestasi seperti ini, maka mahasiswa Universitas Bung Hatta semakin antusias dalam mengikuti lomba-lomba baik itu tingkat nasional maupun internasional,” sebutnya.

Ia menambahkan dalam hal ini, keberhasilan ini tentunya tak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik itu dosen yang membantu sekaligus membimbing mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, serta pihak universitas untuk senantiasa memfasilitasi mahasiswa dalam hal kegiatan apapun. 

“Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kalla dan beberapa menteri, sehingga memberikan pengalaman yang menarik bagi kami," tambahnya.

Ketua Jurusan PGSD Universitas Bung Hatta Muhammad Sahnan, mengatakan ini merupakan prestasi luar biasa yang membanggakan Universitas Bung Hatta terutama bagi Jurusan PGSD. Kegiatan lomba Call Paper BKS-PTIS ini diikuti oleh semua Universitas Swasta di seluruh Indonesia.

"Semoga pemenang lomba bisa menularkan prestasinya sekaligus membagikan informasi dan pengalaman yang didapat ke mahasiwa lain serta menjadikannya sebagai motivasi untuk para mahasiswa agar lebih lagi serius dalam menuntut ilmu," tegasnya.

Selain itu juga salah satu tim dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta juga memperoleh juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Imiah Call Paper untuk katagori dosen di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 25 hingga 27 April 2017.

Welya Roza, dosen pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bung Hatta lolos seleksi dan diundang untuk mempresentasikan makalahnya yang berjudul Peran Dosen Universitas Bung Hatta dalam penguatan tridharma perguruan tinggi yang terukur, terpadu, produktif dan berkesinambungan. (h/ril/mg-hud)



Ikuti kami di