Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Atasi Konflik Sosial, Pasaman Barat Pakai Aplikasi Elektronik

Atasi Konflik Sosial, Pasaman Barat Pakai Aplikasi Elektronik
Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat pengambilan fhoto mobile untuk paspor di kantor bupati setempat didampingi Kaban Kesbangpol, Edison Zelmi dan Kepala Bidang Kewaspadaan dan Pengawasan Masyarakat Badan Kesbangpol Pasaman Barat, Yosmar Difia. (Idenvi Susanto) 

PASBAR, HARIANHALUAN.COM-  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) membuat dua program unggulan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

    

"Program ini sangat bagus dalam rangka meningkatkan kinerja Badan Kesbangpol dalam rangka pelayanan kepada masyarakat," tutur Bupati Pasaman Barat, Syahiran kepada haluan, Minggu (11/6)

     


Syahiran mengatakan dua program itu adalah program aplikasi deteksi dini konflik sosial berbasis aplikasi elektronik dan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) pelaksanaan photo mobile pembuatan paspor dengan Imigrasi Kelas II Agam.

     

"Kegiatan itu telah dilaksanakan pada Selasa (6/6) lalu dihadiri anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Komunitas Intel Daerah (Kominda), Kepala Imigrasi Kelas II Agam, Ezardy Syamsoe beserta jajaran, Organisasi Perangkat Daerah terkait dan Camat se-Pasaman Barat," ujarnya.

      

Menurut Syahiran, dengan adanya deteksi dini konflik sosial berbasis aplikasi elektronik maka diharapkan konflik sosial lebih dapat dideteksi dengan sedini mungkin.

     

"Aplikasi ini jelas akan mempermudah kerja Kesbangpol dalam mengatasi masalah. Sehingga fungsi Kesbangpol untuk deteksi dan cegah dini terhadap permasalahan dapat diselesaikan sebelum berkembang menjadi sebuah permasalahan," katanya.

     

Sedangkan adanya photo mobile untuk pembuatan paspor ini, diharapkan dapat membantu masyarakat baik dari segi pembiayaan maupun dari segi waktu pengurusan paspor.

     



Ikuti kami di