Harian Haluan

Harianhaluan.com

Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Kunjungi Lubuak Landua

Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Kunjungi Lubuak Landua
Ribuan wisatawan memadati objek wisata Lubuak Landua, Pasbar, Kamis (29/6). IDENVI 
PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Dihari ke 4 Idul fitri 1438 hijriah objek wisata Lubuak Landua masih rame dikunjunggi oleh wisatawan lokal dan luar kota. Lubuak Landua merupakan satu kawasan wisata religi yang banyak dikujungi warga dari berbagai daerah untuk beribadah dan juga menikmati uniknya ratusan gerobolan ikan larangan pada sungai Batang Luan. Pada kawasan wisata ini terdapat surau bersejarah milik Buya Lubuak Landua yang usianya lebih kurang dari 200 tahun.
 
"Benar. Usia mesjid itu lebih kurang 200 tahun, setiap lebaran tiba lubuak landur selalu dipenuhi wisatawan yang ingin berlibur, baik lokal maupun luar Kabupaten Pasaman Barat", tutur Wali Nagari Aur Kuning Hendro kepada harianhaluan.com, Kamis (29/6).
 
Hendro mengatakan untuk menuju lokasi objek wisata, pihaknya telah menyediakan fasilitas pengamanan serta ojek, apabila pengunjung kesulitan atau terjebak macet sebelum tiba dilokasi wisata.
 
"Biasanya macetnya bisa mencapai tiga kilometer. Untuk mempermudah akses kita sudah sediakan fasilitas ojek" katanya.
 
Selain itu pihak Nagari juga telah berkordinasi dengan pemerintah kecamatan. "Untuk keamanan kita bekerja sama Muspika Pasaman dan PMI" pungkasnya.
 
Pantauan Harianhaluan.com lokasi wisata itu berada di Jorong Lubuak Landua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasbar, Berjarak 10 KM dari Kota Simpang Empat 150 KM dari Kota Padang
 
Untuk fasilitas wisata Surau Buya Lubuak Landua yang usianya lebih kurang 200 tahun. Air suci terdapat pada makam Buya Lubuak Landua yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit. Sungai Batang Luan yang berisi ratusan ikan larangan.
 
Sarana Transportasi Pengunjung bisa mengunjungi objek wisata ini menggunakan angkutan pribadi atau menyewa kendaraan Rp250 ribu/hari atau bus umum dengan ongkos Rp30.000/hari. Menuju ke lokasi bisa juga menyewa ojek.
 
Sedangkan fasilitas penginapan pada lokasi kawasan objek wisata religi ini tidak terdapat unit penginapan, namun pengunjung yang datang bisa menginap di sejumlah wisma dan hotel yang terdapat di Simpang Empat, Pasaman Barat. (h/idn)
 
 
Editor: Rivo Septi Andries

Loading...
Loading...
Loading...