Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

Pendaftaran Anggota Panwaslih, Dua Daerah Sepi Peminat

Pendaftaran Anggota Panwaslih, Dua Daerah Sepi Peminat
Ilustrasi 

PADANG, HALUAN--Tim Seleksi (Timsel) Panitia Pengawasan Pemilih (Panwaslih) Sumbar memperpanjang jadwal pendaftaran, pasalnya dua daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Solok Selatan tidak memenuhi kuota.

Timsel Samaratul Fuad saat dihubungi Haluan mengatakan, setelah dibuka pendaftaran beberapa pekan lalu ternyata ada dua daerah yang tidak memenuhi kuota untuk itu timsel memutuskan memberikan perpanjangan waktu pendaftaran dari tanggal 3 hingga 7 Juli mendatang.

"Untuk daerah lain sudah memenuhi kuota dan bahkan ada yang sangat melebihi kuota, seperti pendaftar di Kota Padang. Mudah-mudahan dengan diperpanjang ini akan memenuhi kuota 12 orang atau lebih nantinya," ujarnya, Minggu (2/7).

Untuk daerah lainnya yang sudah mendaftar yang memenuhi kuota, Timsel akan melakukan pemeriksaan berkas-berkasnya dan dari sinilah nanti akan dilihat siapa saja yang akan lanjut hingga ke tahap berikutnya. "Kami lakukan pemeriksaan daerah yang sudah memenuhi kuota, sembari menunggu dua daerah yang sedang diperpanjang masa pendafatarannya," ulasnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan semua berkas para pendaftar, Timsel akan memplenokan siapa saja yang lolos dan mengikuti tes selanjutnya. Pleno akan dilaksanakan tanggal 7 Juli 2018 nanti, dan pada tanggal 8 langsung diumumkan nama-nama yang lolos dan akan mengikuti tes tertulis tanggal 10 Juli 2018.

Setelah tes tertulis dan diumumkan nama-nama yang lolos, tahap berikutnya akan masuk pada tes wawancara yang nantinya akan menghasilkan enam nama dan enam nama ini akan dikirim ke Bawaslu Sumbar untuk dilakukan fit and propertest.

"Kalau dari Timline yang ada, pelantikan panwasli ini akan dilaksanakan di pertengahan Agustus nanti," ujarnya.

Diketahui, jumlah pendaftar calon Panwaslih yang ada di Sumbar untuk jumlah pendaftaran yang ada di wilayah 1 Timsel sebanyak 279 orang per 24 Juni 2017, dan jumlah pendaftar di wilayah II sebanyak 175 orang per 24 Juni 2017. "Dari 19 kabupaten kota, Kota Padang menjadi pendaftar terbanyak bahkan sangat melebihi kuota yakni 105 dan yang minim pendaftar dua daerah Mentawal dan Solsel," ujarnya. (h/rin)

Ikuti kami di