Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Dua Pasar di Sijunjung Bakal Ikut Lomba Tingkat Provinsi

Dua Pasar di Sijunjung Bakal Ikut Lomba Tingkat Provinsi
Ilustasi/Haluan 

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM—Dua pasar di Kabupaten Sijunjung disiapkan untuk mengikuti lomba pasar tingkat Provinsi Sumatera Barat. Pasar yang disiapkan Pemkab Sijunjung pada ajang penilaian itu, yakni Pasar Sijunjung dan Pasar Inpres Muaro.

” Pasar Sijunjung dan Pasar Inpres Muaro kita siapkan untuk penilaian lomba pasar daerah,” kata Kepala Dinas  Perdagangan Perindustrian dan UKM Kabupaten Sijunjung, Em Yasri melalui Kepala Bidang Perdagangan, M. Zein kepada Haluan via telepon selularnya, Rabu (19/7).

Menurut M.Zein, kedua pasar tersebut dipilih sebagai duta Kabupaten Sijunjung mengingat secara tata letak dan penataan lebih mudah dilakukan. Selain tata letak, sambung dia, kedua pasar tersebut sudah dilakukan pembinaan jauh sebelumnya.

Seperti Pasar Inpres Muaro Pasar yang terletak di ibu kabupaten ini, merupakan pasar daerah yang sudah mengantongi penghargaan sebagai pasar tertib ukur. Begitu juga Pasar Sijunjung merupakan Pasar Rakyat. Penilaian akan dilaksanakan akhir Juli hingga awal Agustus.


”Indokator penilaiannya, selain administrasi, pengelolaan, kebersihan juga meliputi kejujuran pedagang,” jelasnya.

Kepala Bidang Perdagangan, M Zen mengaku sudah melakukan upaya optimal menghadapi penilaian tersebut dengan melibatkan pemerintah kecamatan dan nagari, termasuk sosialisasi alat ukur atau timbangan.

“Selain sosialisasi, kita juga telah melakukan goro bersama dengan petugas pasar,” ujarnya.

Ia berharap, kedua pasar yang menjadi duta Kabupaten Sijunjung lolos  ditingkat provinsi dan  bisa berlomba di tingkat nasional. (h/azn)



Ikuti kami di