Harian Haluan

Harianhaluan.com

Sumbar Serukan Pembebasan Masjid Al-Aqsa

Sumbar Serukan Pembebasan Masjid Al-Aqsa
Demo al aqsa di Masjid Nurul Iman, Padang, Jumat (28/7). HUDA PUTRA 

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ribuan  umat muslim dari berbagai daerah di Sumatera Barat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sumbar Peduli Al-Aqsa, menggelar aksi damai peduli Al-Aqsa, Jumat (28/9). Peserta aksi menyerukan pembebasan Masjid Al-Aqsa.

Aksi ini dimulai dengan salat Jumat dan doa bersama di Masjid Nurul Iman Padang, yang kemudian dilanjutkan dengan aksi long march menuju lapangan Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Sepanjang jalan massa tak hentinya meneriakkan lantunan takbir dan mengutuk aksi zionis Israel yang menutup akses masyarkat untuk beribadah di Masjid Al-Aqsa.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Damai Peduli Al-Aqsa, Muhammad Sadri mengatakan, kegiatan aksi sudah direncanakan sejak Selasa (25/7), dan disebarkan melalui berbagai media sosial dan media cetak. “Dalam aksi ini dihadiri lebih dari 3.000 massa dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Kehadiran mereka dalam aksi ini merupakan bentuk dan wujud rasa peduli terhadap saudara muslim yang sedang di jajah oleh zionis,” katanya.

Sadri mengatakan, hal utama yang ingin disampaikan dalam kegiatan aksi ini ialah menyalurkan aspirasi dan menuntut kesewenangan Israel terhadap masjid pertama umat islam, Masjid Al-Alqsa.

“Masjid Al-Aqsa milik semua umat, jika masjid tersebut ditutup, maka akan banyak umat yang menuntut akan hal tersebut,” katanya.

Wakil Rakyat, Irsyad Safar, dalam orasinya mengatakan, adanya gelombang protes yang dilakukan umat muslim dalam bentuk aksi damai ini, merupakan wujud rasa persatuan dan kesatuan umat muslim di berbagai penjuru dunia. Jika saudaranya disakiti, maka akan banyak yang membelanya. Apalagi hal ini berkaitan dengan penutupan Masjid Al-Alqsa, yang pernah menjadi kiblat umat muslim sedunia.

“Kalau dibiarkan aksi zionis Israel ini, maka mereka akan berbuat semaunya dan semakin menindas umat muslim yang ada di Palestina. Dengan bersatunya umat muslim di seluruh dunia, menjadikan Israel takut dan mundur,” katanya.

Ikuti kami di