Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Rayakan Hari Kemerdekaan, Pasaman Helat Pageleran Multi Etnis

Rayakan Hari Kemerdekaan, Pasaman Helat Pageleran Multi Etnis
Ilustasi/Haluan 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Masih dalam rangkaian memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman, mengadakan pagelaran kesenian multi etnis, Minang, Tapanuli, Mandahiling dan kesenian Jawa, 16-17 Agustus.

Kepala Bagian Humas Pemkab Pasaman, Anwir Salam mengatakan, selain melestarikan seni budaya daerah, pagelaran seni multi etnis itu diselenggarakan dalam rangka perayaan hari kemerdekaan. 

"Pagelaran kesenian multi etnis ini akan mempertontonkan kesenian empat etnis yang ada di Pasaman, yakni minang, tapanuli, mandahiling dan kesenian jawa," kata Anwir.

Pagelaran itu, kata Anwir diikuti oleh pelajar dari ditingkat pertama dan lanjutan di daerah itu. Masing-masing peserta, kata Anwir, akan menampilkan lagu lagu daerah dari keempat etnis itu. 

"Lagu yang akan ditampilkan adalah lagu lagu daerah dari etnis masing-masing. Ada lagu minang, tapanuli, mandahiling dan jawa," katanya. 

Selain itu, kata dia, sejumlah kesenian ciri khas dari masing-masing etnis itu juga akan ditampilkan, seperti kesenian ronggeng, gordang sembilan, reog ponorogo dan saluang dangdut.

Ikuti kami di