Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pemkab Mentawai Mengeluh Karena Banyak PNS Minta Pindah

Pemkab Mentawai Mengeluh Karena Banyak PNS Minta Pindah
Ilustasi/Haluan 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar I Hermanto mengakhiri rangkaian kunjungan kerja masa reses dapil di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Di daerah ini, bersama Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake, ia menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor roda dua dan pompa air dari Pemerintah Pusat kepada para petani setempat.

Di samping menyerahkan bantuan, legislator FPKS ini juga berkesempatan mendengar aspirasi dari Pemerintah setempat.  Wakil Bupati Mentawai Kortanius  Sabeleake mengungkapkan, sejak mekar dari Kabupaten Padang Pariaman tahun 1999, kondisi Mentawai masih tertinggal.

"Saat mekar tidak punya apa-apa. SDM dan fasilitas sangat kurang", ucapnya.

Saat mekar jadi daerah otonom, lanjutnya, jumlah PNS sedikit. Sementara itu ada penambahan puskesmas, sekolah, kantor camat dan sebagainya yang semuanya itu membutuhkan tambahan PNS.

"Saat ini ada kebijakan moratorium PNS. PNS yang ada pun, banyak yang mengajukan mutasi atau pindah. Padahal kami berharap PNS yang ada sekarang ini bisa mengabdi permanen di Mentawai", tambahnya.

Pembangunan, lanjutnya, hanya efektif berlangsung selama 6 bulan yaitu Januari sampai Juni.

"Juli hingga Desember, kondisi cuaca di lautan tidak menentu. Setiap saat bisa berubah menjadi badai. Jika terjadi badai, tidak ada kapal yang berani ke Mentawai", tuturnya.

Bahan-bahan bangunan di Mentawai sangat tergantung suplai dari Sumbar daratan.

"Kalau cuaca buruk, bahan-bahan bangunan tersebut tidak bisa dikirim. Nunggu dulu sampai cuacanya baik", ujarnya.

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...