Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

Dampak Kisruh di Pemkab Limapuluh Kota, Penyerapan Anggaran Minim

Dampak Kisruh di Pemkab Limapuluh Kota, Penyerapan Anggaran Minim
Bupati dan wakil bupati Limapuluh Kota 

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--olemik dan kisruh di Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota terutama antara Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota sangat kental dirasakan. 

Meski tidak diakui adanya hubungan yang tidak harmonis oleh bupati ataupun wakil bupati. Tetapi kondisi tersebut, sudah  berdampak terhadap keuangan daerah.

Pelaksana tugas dan wewenang Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan dihadapan anggota dewan di gedung DPRD  Limapuluh Kota mengungkapkan, sampai Agustus ini, penyerapan anggaran baru mencapai 27 persen. 

“Apa yang kami lakukan saat ini, adalah dampak dari  luapan terhadap tumpukan-tumpukan selama ini  yang sudah mengancam kepada roda pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota.  Salah satunya terhadap serapan anggaran hari ini yang masih rendah,”terang Ferizal Ridwan ketika hearing bersama DPRD Limapuluh Kota.

Baca Juga : Yusuf Lubis Ingin Madrasah Kian Berdaya Saing Tinggi
Baca Juga : Bupati-Wabup Limapuluh Kota Islah

loading...

Lebih nyarisnya lagi, terang Ferizal, memasuki triwulan ketiga masih ada OPD Limapuluh Kota penyerapan anggaran nol.

“Ini sangat memiriskan,”terang Ferizal Ridwan.

Begitu juga, Pelaksana Tugas OPD Limapuluh Kota melakukan pemotongan anggaran sebesar 20 persen.

“Ini sudah diluar kewenangan dari Pelaksana Tugas sejummlah kepala OPD di Limapuluh Kota. Karena itu, supaya tidak terjerumus pemerintahan Limapuluh Kota, saya lakukan pengembalian jabatan definitif Sekda dalam penyelamatan daerah,”tegas Ferizal.

Buntut dari tidak terserapnya anggaran daerah dengan baik itu, berdampak langsung terhadap tidak bergeraknya roda pemerintahan dan lambannya pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota. 

Ferizal selaku Tim Anggaran Pemerintah Daerah tidak pernah dikoordinasikan terkait kondisi keuangan dan anggaran Kabupaten Limapuluh Kota terutama oleh Pelaksan Tugas Sekretaris Daerah.

Sementara Plt Sekda Limapuluh Kota, M Yunus ketika dikonfimasi terhadap apa yang disampaikan pelaksana tugas dan wewenang Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan di gedung dewan, tidak memberikan komentar apapun. (h/ddg/ang)

Ikuti kami di