Harian Haluan

Harianhaluan.com

Idul Adha Khidmat di Kota Serambi Mekah

Idul Adha Khidmat di Kota Serambi Mekah
 

PADANG PANJANG, HALUAN-Seperti pelaksanaan salat Idul Fitri beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Padang Panjang kembali menggelar salat Idul Adha berjemaah di Lapangan Khatib Sulaiman (Bancah Laweh), Jumat (1/9). Sebagai khatib adalah Prof. Dr. H. Sirajudin Zar, MA dari Pondok Pesantren Perguruan Thawalib Putra Padang Panjang. Sedangkan Imam, H. Indra Legiono, Lc. Dipl dari Pondok Pesantren Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang.

Selain ribuan masyarakat, Walikota Padang Panjang, H Hendri Arnis, AKBP Cepi Noval (Kapolres), Gusman Piliang (Kakan Kemenag) dan pejabat lainnya juga hadir pada pelaksanaan salat id tersebut.

Dalam sambutannya, Hendri Arnis mengatakan, jangan lupa untuk meminta maaf kepada orang tua terlebih dulu dan mendoakan keluarga yang telah meninggalkan kita.

“Kita yang telah dipertemukan dalam satu wadah ini, jangan lupa untuk meminta maaf satu sama lainnya, dan saling memaafkan serta saling merangkul agar disucikan dan dihapuskan dosa kita oleh Allah SWT,” harap Hendri Arnis.

Pada kesempatan tersebut wako juga mendoakan semoga semua yang melaksanakan ibadah kurban pada tahun ini dapat diterima kurbannya dan diberikan limpahan rezeki oleh Allah SWT, sehingga dapat menjadi motivasi untuk tahun-tahun ke depan bisa berkurban lagi, dan selamat datang bagi para perantau yang pulang kampung tahun ini.

 

“Alhamdullilah, walaupun diselimuti kabut tebal dan cuaca mendung, saat ini kita masih bisa melaksanakan salat Id secara berjamaah di lapangan ini, semoga pada pelaksanaan salat kali ini Allah mengijabah doa kita semua, terutama bagi saudara kita yang saat ini sedang dilanda musibah, seperti kejadian tadi malam (red-kamis malam) Allah memberikan sedikit ujian dengan guncangan gempa berkekuatan 6,2 SR yang berpusat di Mentawai, yang juga membuat panik seluruh masyarakat di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang Panjang, semoga dengan ujian ini tidak menyurutkan langkah kita untuk terus perkuat beribadah kepadaNya,” papar wako.

Lebih lanjut, walikota juga memaparkan perkembangan pembangunan di kota penghujan tersebut, diantaranya pembangunan tiga mega proyek yang saat ini sedang berjalan, rusunawa (Rumah Susun Sewa), Islamic Center dan pembangunan Pasar Pusat Padang Panjang.

“Untuk masyarakat yang kurang mampu, nantinya akan disediakan Rusunawa yang saat ini masih dalam proses pembangunan, sehingga tidak ada lagi nantinya masyarakat tinggal di tempat yang tidak layak lagi, dan untuk pembangunan Pasar Padang Panjang kita targetkan akan dirampungkan dalam 2017 ini, sementara itu mudah-mudahan tahun depan kita juga bisa melaksanakan salat Idul Fitri dan Idul Adha di Islamic Center yang juga berkapasitas besar untuk menampung ribuan warga yang saat ini juga masih dalam proses pembangunan,”sebut Wako di hadapan ribuan jemaah salat Id.

Usai pelaksanaan salat Id, masyarakat Padang Panjang dijamu Wali Kota Hendri Arnis dengan menyediakan 46 gerobak makanan. Selain gerobak makanan yang disediakan, unsur Forkopimda bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ikut berpartisipasi menyediakan menu berbuka puasa bagi ribuan masyarakat Padang Panjang, Batipuah dan X Koto (Pabasko).

Menurut Kepala Bagian Protokoler dan Dokumentasi Setdako Padang Panjang Budhi Hermawan, kali ini pemko menyedian kuliner untuk masyarakat, sehingga usai pelaksanaan salat Id, warga bisa langsung membatalkan pusanya di lokasi bersama walikota dan unsur Forkopimda bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 “Makanan tersebut memang sengaja disediakan oleh bapak wali kota bersama unsur Forkopimda dan OPD bagi seluruh masyarakat. Jenis-jenis makanan tersebut terdiri dari sate, katupek, soto, kacang hijau, aneka jenis gorengan, es buah, cendol dan aneka minuman lainnya,” sebut Budhi Hermawan.

Selain itu, Wali Kota Padang Panjang H. Hendri Arnis melakukan safari meninjau pelaksanaan prosesi penyembelihan hewan kurban dalam wilayah Pabasko (Padang Panjang, Batipuh, X Koto). Ratusan sapi dan kambing dikurbankan, berikut ratusan ton daging langsung dibagikan kepada para mustahik di wilayah Pabasko.(h/pis)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...