Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Cagar Budaya Pasbar Minim Perhatian

Cagar Budaya Pasbar Minim Perhatian
Lubang Jepang di Kecamatan Talamau, Pasaman Barat 

PASBAR, HARIANHALUAN.COM — Objek wisata sejarah di Kabupaten Pasaman Barat masih minim perhatian, baik dari segi pembangunan maupun dari segi kebersihan, seperti objek wisata situs lobang jepang di Nagari Talu. Kondisi Lobang Jepang tersebut tampak tidak terawat dan rusak. Masyarakat berharap bukti sejarah tersebut bisa dilestarikan dan dijaga.

Salah seorang pengunjung objek wisata tersebut, Wilmar mengaku sedih melihat bukti sejarah bangsa sudah tidak menjadi perhatian bagi pemerintah. Padahal, bukti sejarah bangsa ini berguna untuk generasi penerus sebagai pedoman untuk menghargai perjuangan bangsa Indonesia.

“Kondisi situs sejarah lobang jepang yang terletak di Nagari Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat sungguh sangat memprihatinkan. Saya lihat beberapa lobang jepang tersebut terlihat rusak dan tidak terawat, bahkan beberapa lobang sudah hilang atau tertutup. Lobang jepang ini letaknya cukup strategis di pinggir jalan, masyarakat yang melewati jalan lintas Pasbar-Talu-Pasaman bisa singgah di lobang jepang tersebut. Jika sudah tidak terarawat siapa lagi yang mau singgah,” urai Wilmar.

Selain itu, secara historis bangunan tersebut sangat bersejarah dan memiliki potensi besar menjadi objek wisata andalan di Pasbar. Namun, jika tidak diperhatikan, besar kemungkinan situs lobang jepang tersebut akan hilang satu per satu.




Ikuti kami di