Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

RSUD Padang Pajang, Luncurkan Tiga Inovasi Baru

RSUD Padang Pajang, Luncurkan Tiga Inovasi Baru
PELUNCURAN INOVASI BARU - Sekda Padang Panjang, Indra Gusnadi dan Direktur RSUD, Ardoni saat peluncuran tiga inovasi baru di RSUD Padang Panjang, Senin (9/10).  Apiz Jackson 

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Dorongan untuk selalu berinovasi dan berimprovisasi yang selalu ditekankan Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis kepada instansi pelayanan di Kota Serambi Mekah berhasil diwujudkan RSUD Kota Padang Panjang.

"Saya mau instansi pelayanan di Kota Padang Panjang bisa melahirkan sejumlah inovasi dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," tekan Wako Padang Panjang kepada kepala OPD teknisnya dalam beberapa kali kesempatan.

Senin (9/10) pagi, bertempat di halaman RSUD Padang, pihak rumah sakit yang dipimpin Direkturnya, dr Hardoni secara resmi meluncurkan tiga inovasi baru di RSUD tersebut.

Rumah Sakit tipe Madya itu mulai Senin ini, mulai menerapkan pendaftaran online pasien rawat jalan, kemudian meluncurkan pemakaian (operasional) Shuttle Bus gratis yang melayani jemput antar pasien serta sistem informasi manajemen rumah sakit.

Ketiga bentuk pelayanan tersebut dilauncing secara resmi oleh Walikota Padang Panjang dan dihadiri Sekdako Indra Gusnady, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Merry Yuliesday, Kepala RSUD Kota Padang Panjang, Ardoni, para staf ahli para kepala dinas, para Direktur RSUD se-Sumatera Barat dan undangan lainnya, termasuk keluarga pasien yang sempat hadir.

Dalam laporanya, dr Ardhoni menjelaskan, melalui pendaftaran online, pasien rawat jalan tak perlu antri lama untuk mendaftar berobat. Pasien dapat mendaftar lewat link http//rsudpp.com), yang bisa di browsing di mozilla firefox maupun chrome.

Registrasi online dapat dilakukan dalam jangka waktu 1- 7 hari sebelum tanggal kunjungan. Selanjutnya, pasien bisa datang pada hari sesuai registrasi dengan menunjukkan bukti registrasi online ke loket khusus pendaftaran online, serta membawa kartu berobat/No. MR, Kartu BPJS asli dan foto copy, fofo copy KTP/ KK, surat rujukan, karcis dan hasil screen shoot pendaftaran online.

Untuk operasional shutle bus, para pasien yang tak memiliki kendaraan dapat memanfaatkan jasa kendaraan antar jemput untuk berobat ke RSUD.

Dari pantauan di lapangan, para pasien RSUD Padang Panjang merasa diuntungkan dengan adanya shuttle bus, terutama para pasien yang harus berobat rutin, seperti para pasien cuci darah dan penyakit kronis lainnya.

Sementara itu, inovasi terhadap sistem informasi manajemen rumah sakit, digunakan untuk menangani keseluruhan proses manejemen mulai dari pelayanan diagnosa pasein sampai pada tahapan pengendalian yang terkendali secara efektif, efesien dan terintegrasi.

Wako Padang Panjang, diwakili Sekda Indra Gusnady, menyampaikan, seluruh OPD yang ada di Kota Padang Panjang diminta untuk berlomba menciptakan berbagai terobosan dan inovasi sesuai bidang nya masing masing. Inovasi tersebut nanti akan dihargai oleh pemerintah lewat pemberian reward.

Kepada RSUD wako mengingatkan, meksi telah berinovasi, pihak RSUD diminta agar tidak cepat berpuas diri. "Ke depan harus ditingkatkan lagi. Saya meminta pada direktur agar pelayanan online ini bisa diakses lewat android serta bisa di upload aplikasinya lewat play store,” pinta wako.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Merry Yuliesday menyampaikan, RSUD Kota Padang Panjang merupakan satu diantara 21 rumah sakit yang terakriditasi dari 72 rumah sakit di Sumatera Barat.

"Saya mendukung atas tiga pelayanan yang di launcing RSUD Kota Padang Panjang dan saya ucapakan selamat kepada seluruh jajaran," pungkas Merry Yuliesday. (h/pis)

 


 

Ikuti kami di