Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Padang Panjang Siapkan 3 Penginapan untuk TdS

Padang Panjang Siapkan 3 Penginapan untuk TdS
Dokumentasi Haluan 

PADANG PANJANG, HALUAN — Menyambut perhelatan balap sepeda Internasional bertajuk Tour de Singkarak (TdS), Pemerintah Kota Padang Panjang tengah melakukan beberapa tahapan persiapan. Saat ini, Dinas Pariwisata telah menganggarkan dana sebesar Rp800 juta sebagai bentuk kesiapan menjadi tuan rumah pada finis etape V mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang, Hendri Fauzan mengatakan, jajarannya telah melakukan berbagai kesiapan. Sebagai tuan rumah finis etape V, Padang Panjang telah berkoordinasi dengan pihak Pemko Solok terkait penyediaan fasilitas penginapan bagi peserta iven internasional tersebut.

“Kali ini kita di Padang Panjang kebagian jatah tuan rumah finis etape V yang dilepas dari Kabupaten Limapuluh Kota. Secara umum, persiapan yang sudah kita lakukan yakni penyediaan anggaran, rapat koordinasi lintas instansi dengan jajaran Pemko Solok,” ujar Fauzan didampingi Kabid Pariwisata, Medi Rosdian, Senin (9/10) kemarin.

Menyukseskan pelaksanaan TdS kali ini, Pemko Padang Panjang melalui dinas terkait harus melakukan persiapan ekstra. Hal ini ditambahkan Medi, harus memastikan kondisi jalan dan pengamanan lebih terjamin karena Padang Panjang merupakan jalur sprint mengelilingi kota jelang memasuki garis finis yang ditempatkan di depan Mess Secata B (BRI) Jalan Sudirman daerah dingin itu.

Berbeda dengan tahun lalu, Padang Panjang sebagai tuan rumah finis etape V juga harus melakukan persiapan penyelenggaraan mulai H-1 hingga H+1. Namun demikian disampaikannya, Padang Panjang masih menunggu tekhnis pelaksanaan secara konkrit dari panitia pusat yang hingga saat ini belum melakukan survey.

“Pesiapan umum yang sudah kami lakukan, yakni mempersiapkan setidaknya tiga penginapan bagi pembalap karena untuk official akan menginap di Solok. Hal ini sudah kita koordinasikan dengan pemerintah setempat. Kemudian untuk kesiapan penyambutan pembalap, secara fisik jalan sudah siap dengan rute sprint mulai dari Jalan Soekarno Hatta-Simpang Padang Kampung Baru-Terminat Busur-Fly Over-By Pass Kacangkayu-Dr Hamka-Ahmad Yani dan finish di Jalan Sudirman,” imbuh Medi.

Sementara terkait tradisi Pemko Padang Panjang memeriahkan TdS kali ini, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) akan memberdayakan UKM untuk penyediaan souvenir bagi peserta dan official TdS.

“Kesempatan ini tentu juga dapat dimanfaatkan sebagai momen promosi produksi kerajinan lokal. Namun sementara waktu belum diputuskan apa jenis souvenir yang akan kita siapkan nantinya,” pungkas Fauzan lagi. (h/pis)

 

Ikuti kami di