Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Pramuka Pasaman Raih Tropi Bergilir Rektor UIN IB

Pramuka Pasaman Raih Tropi Bergilir Rektor UIN IB
SERAHKAN PIALA - Wabup Atos Pratama saat menyerahkan piala bergilir dari Rektor UIN IB kepada perwakilan Pramuka Kwarcab 0308 Pasaman. 

PASAMAN, HJARIANHALUAN.COM--Sederet prestasi gemilang diukir kontingen Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 0308 Kabupaten Pasaman, pada ajang pekan kreasi raih prestasi (Persi) ke-IV tingkat Sumatera di Padang Besi, Kota Padang, tahun 2017.

Dari data yang diperoleh, setidaknya tiga gelar juara berhasil ditorehkan kontingen Pramuka tersebut pada iven itu, yakni juara I lomba senam pramuka, juara I lomba mendirikan tapak perkemahan dan meraih juara ke-II untuk lomba pioneering.

Atas raihan prestasi ini, kontingen Kwarcab 0308 Pasaman dinobatkan sebagai juara umum dan berhak membawa pulang tropi bergilir Rektor UIN Imam Bonjol, Padang.

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama merasa bangga atas prestasi yang diraih Pramuka Kwarcab 0308 Pasaman pada ajang Persi 2017 kemarin. Dimana, kontingen ini berhasil membawa pulang banyak gelar juara sehingga berhak menyandang juara umum.

"Terimakasih kepada adik-adik Pramuka Kabupaten Pasaman yang telah mengharumkan nama baik Kabupaten Pasaman, tidak hanya di Sumatera Barat tetapi se Sumatera," kata Atos mengawali sambutannya, Senin (23/10).

Ia menambahkan, torehan prestasi itu menandakan bahwa generasi muda di daerah itu terus berprestasi. Sehingga membawa nama harus kabupaten itu di kancah nasional.

"Sumbangsih ini merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi kita semua masyarakat Kabupaten Pasaman. Prestasi kalian seolah di tanah ini akan terus lahir generasi tangguh dan berprestasi," ujarnya.

Dia mengatakan, sudah menjadi kewajiban dan tanggungjawab moral semua pihak, tidak hanya pemerintah untuk memajukan generasi masa depan.

"Sudah menjadi kewajiban kita semua, tidak hanya pemerintah saja untuk mendidik dan menjaga generasi penerus masa depan agar terus berprestasi dan berkarya," ujarnya.

Atos pun kembali mengingatkan, bahwa tujuan Pramuka adalah mencetak generasi muda yang berkarakter dan berani menghadapi tantangan zaman.

Pramuka, kata dia, harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusianya agar memiliki jiwa kepemimpinan, berjiwa besar, berdedikasi, berintegritas, dan berkompeten.

"Untuk mencapai itu semua dibutuhkan persatuan dan kesatuan di bawah panji-panji Pramuka. Mengapa saya mengingatkan kita mesti bersatu, Hanya dengan persatuanlah kita bisa mengatasi segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi ke depan," ucapnya.

Atos berharap kemampuan bidang kepanduan tersebut terus dikembangkan agar membawa manfaat, bukan saja untuk diri sendiri melainkan masyarakat secara luas.

"Pramuka sekarang tidak sekedar tali temali tapi lebih kearah karya kongkrit yang manfaatnya bisa dirasakan masyarakat luas. Pramuka harus mengikuti perkembangan zaman. Tidak boleh tertingal. Terus kembangkan kreatifitas dengan tetap membawa jiwa kebangsaan dan nasionalisme," ucapnya. (h/yud)

 



Ikuti kami di