Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Butuh Dana Rp 400 Miliar, Masyarat Pasbar Minta Jokowi Turun Tangan

Butuh Dana Rp 400 Miliar, Masyarat Pasbar Minta Jokowi Turun Tangan
 Bupati Pasaman Barat Syahiran bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dengarkan aspirasi masyarakat di sekitar lokasi Pembagunan Pelabuhan Taluk Tapang di Air Bangis belum lama ini. (Idenvi Susanto) 

PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Infrastruktur fisik di Pelabuhan Teluk Tapang, Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat, yang sudah siap tak sebanding dengan akses jalan yang masih minim. Hal ini menjadi pengganjal bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Sumatra Barat, terutama di Pasaman Barat.

Pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat sebetulnya rampung sejak Mei 2017. Fasilitas yang ada di dalamnya siap digunakan untuk melayani bongkar muat kapal, khususnya ekspedisi produk minyak sawit dan komoditas pertambangan seperti bijih besi. 

Namun, infrastruktur jalan menuju lokasi pelabuhan belum siap. Imbasnya, hingga hari ini pelabuhan yang disebut-sebut bakal menyaingi Pelabuhan Teluk Bayar di Kota Padang tersebut belum bisa beroperasi.

Bupati Pasaman Barat Syahiran kepada haluan pernah mengungkapkan, masih butuh anggaran hingga ratusan miliar rupiah untuk merampungkan pembangunan akses jalan menuju pelabuhan. Syahiran menyebutkan, pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang telah menyedot anggaran hingga Rp 200 miliar sejak proyek mulai berjalan pada 2006 lalu. 


Tapi, ternyata pekerjaan masih banyak. Pembangunan jalan sepanjang 42 km menuju pelabuhan masih harus menyerap anggaran hingga Rp 400 miliar.

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat sebetulnya tak lantas pasrah. Syahiran mengaku, kekurangan dana pembangunan jalan dan urungnya operasional Pelabuhan Teluk Tapang sudah berkali-kali disampaikan kepada pemerintah pusat. Namun respons tegas belum bisa didapat.

Catatan Pemda Pasaman Barat, sebanyak 37 kilometer jalan raya harus dibangun, ditambah 8 unit jembatan yang harus dituntaskan. Total ada 42 km jalan yang harus dibangun demi mengakses Pelabuhan Teluk Tapang.

"Untuk melanjutkan pembangunan ini tentu tidak bisa dengan APBD Kabupaten maupun Provinsi karena biayanya terlalu besar," tutur Syahiran yang selalu gigih berusaha untuk memdapatkan bantuan dari permerintah pusat.



Ikuti kami di