Harian Haluan

Harianhaluan.com

Aktivis Lingkungan Ditangkap, Masyarakat Salingka Gunung Talang Datangi PN Padang

Aktivis Lingkungan Ditangkap, Masyarakat Salingka Gunung Talang Datangi PN Padang
TOLAK GEOTHERMAL SOLOK—Puluhan warga yang tergabung dalam Salingka Gunung Talang melakukan aksi damai di Pengadilan Negeri Padang, Selasa (13/2). Dalam aksi tersebut warga menolak kriminalisasi kepada aktivis lingkungan dan menolak projek geothermal di Gunung Talang. IRHAM 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Puluhan masyarakat Salingka Gunung Talang bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Padang, Selasa (13/2). Mereka mengajukan permohonan Praperadilan atas ditetapkan dan ditangkapnya Ayu Dasril dan dua orang rekannya oleh polda Sumbar.

Penangkapan tiga orang masyarakat Tabek Lanyek, Jorong Gurah, Nagari Batu Bajanjang, Lembang Jaya, Kabupaten Solok tersebut atas diduga merusak mobil pengelola geothermal di Kabupaten Solok beberapa waktu lalu.

Juru bicara masyarakat Salingka Gunung Talang Aulia Riza menyampaikan masyarakat melakulan aksi damai ini mengawal pendaftaran praperadilan kepada PN Padang, atas penangkapan masyarakat Salingka Gunung Talang oleh polda sumbar.

“Kami menganggap dan menyakini bahwa proses penangkapan Ayu Dasril oleh polda itu tidak sah, tidak benar dan melanggar hukum. Ini lah yang menjadi dasar kami bersama mayarakat mengajukan Praperadilan hari ini,”kata Aulia di depan PN Padang, Selasa (13/2).

Lebih dlanjut dikatakanya, Ayu Dasril adalah pejuang lingkungan berdasarkan Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, ia tidak dapat dituntut dan digugat secara pidana maupun perdata.

“Hari ini, kami berharap permohonan kami diregistrasi oleh PN dan diterima dan keadilan hari ini dapat ditegangkan. Orang yang tidak bersalah jangan dijadikan bersalah, dia adalah Paralegal LBH dan pejuang lingkungan,” papar Aulia.(h/yhr)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...