MENU TUTUP

Efektif Mengurai Macet, Tol Tidak Berdampak Langsung ke Perekonomian

Rabu,14 Februari 2018 | 09:28:01 WIB
Efektif Mengurai Macet, Tol Tidak Berdampak Langsung ke Perekonomian Sceenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, M Nurnas menegaskan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru tidak membawa dampak langsung untuk perekonomian masyarakat.

Namun demikian, keberadaan tol positif untuk mengurai kemacetan dan membantu untuk percepatan ekonomi.

Hal itu karena dengan adanya tol, jarak tempuh antar daerah akan lebih cepat sehingga urusan masyarakat yang menggunakan tol juga lebih lancar. "Pendapatan dari tol juga tidak masuk ke daerah, namun untuk investor penanam modal. Kalau tol Padang- Pekanbaru investornya dari Jepang," ulas Nurnas saat berbincang dengan Haluan, Senin (12/2).

Ditambahkan Nurnas, jalan tol memang tak membawa sentuhan langsung untuk perekonomian masyarakat Sumbar, namun demikian, jelas dia, tidak bisa pula dikatakan keberadaan tol tidak membawa manfaat sama sekali. "Salah satu manfaatnya adalah dengan adanya tol macet akan bisa diurai. Sebab beberapa titik jalan menuju Padang Bukittinggi memang sering terjadi kemacetan, apalagi saat lebaran. Kalau untuk perekonomian tidak menyentuh langsung ke masyarakat," papar Nurnas.

Lebih utama lagi keberadaan jalan tol dinilainya akan membuat akses jalan antar provinsi jadi lebih cepat. Sementara itu, pada jalan tol ini nantinya akan disediakan rest area untuk pedagang berjualan. Hal itu bertujuan agar pengguna jalan tol punya tempat beristirahat ketika mereka lelah, tapi rest area untuk berjualan ini tidaklah banyak.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat menyebut, pihaknya berharap pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru bisa segera terealisasi. "Ini akan melancarkan transportasi angkutan barang dan kedatangan orang antar provinsi, untuk mengejar ketertinggalan Sumbar dari provinsi lain, pembangunan tol ini sangat positif segera terlaksana," pungkas Hidayat.

Sebelumnya, pada Jumat (9/2), Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan tol Padang-Pekanbaru. Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru nantinya akan dilakukan dalam tiga tahap hingga 2023. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin sepanjang 28 km, tahap II Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 38 km, dan tahap III Sicincin-Bangkinang sepanjang 189 km.

Menurut Presiden, jika pembangunan tol sudah selesai maka dapat memangkas waktu tempuh Padang-Pekanbaru menjadi 3 jam dari sebelumnya 9 jam.

Presiden menjelaskan jika pembangunan tol ini sudah selesai maka waktu tempuh Padang-Pekanbaru yang sebelumnya sembilan akan terpangkas menjadi tiga jam dari saja. Oleh karena itu, Presiden meyakini pembangunan tol tersebut akan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan dunia usaha sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kalau kita ingin memenangkan persaingan dengan negara lain yang sangat fundamental dan sangat mendasar, yang pertama harus kita kerjakan adalah infrastruktur. Karena dengan infrastruktur inilah biaya transportasi dan biaya logistik akan jauh lebih murah,” ujarnya.

Jokowi mengatakan, jika biaya logistik dan transportasi menurun, maka dapat meningkatkan daya saing Indonesia. Infrastruktur juga akan memperkuat promosi pariwisata di Sumatra Barat. Ia mengingatkan pemandangan alam yang begitu indah di Sumatra Barat berpotensi untuk berkembang apalagi ditunjang infrastruktur akses jalan yang baik.

“Kalau infrastruktur ini siap, infrastruktur ini ada, berlipatnya bisa 3 kali, 4 kali, bahkan 5 kali. Karena kecepatan menempuh dari satu kota ke kota lain, dari satu kota ke kabupaten lain itu menjadi sangat cepat,” kata Presiden.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu membutuhkan investasi sekitar Rp78 triliun.

“Direncanakan masa pelaksanaan 2018-2023. Nanti ada terowongan sepanjang 7 kilometer yang dikerjakan dengan loan JICA (Badan Kerja Sama Internasional Jepang),” ujar Basuki.

Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu akan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap I Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer, tahap II Bangkinang-Pekanbaru 38 kilometer, kemudian tahap III Sicincin-Bangkinang sepanjang 189 kilometer. (h/len)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




Berita Terkait +

Kurang Efektif, Paslon Tak Gelar Kampanye Akbar

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tokoh Muhammadiyah Padang Panjang Tumpangkan Harapan ke Fadly - Asrul

2
Transaksi Lewat Medsos

Di Padang, Gadis 14 Tahun Tertangkap Menjual Diri

3

Di Payakumbuh, Main Gawai Saat Berkendara Akan Ditilang

4

Razia System Hunting, Satlantas Polres Bukittinggi Amankan 10 Unit Motor

5

Dua Hari Razia Cipkon, Ditlantas Polda Sumbar Keluarkan 1500 Tilang

6

Gaet Pelanggan Pakai Gawai, Dua PSK Muda Ini Diciduk Pol PP

7

Selamatkan Balita yang Terkunci di Dalam Mobil, Polisi Ini Dapat Apresiasi

8

Ruang Kerja Budaya Apresiasi Tujuh Penulis Sumbar

9

Pemko Padang Kembangkan Sekolah Ramah Anak

BERIA SEBELUMNYA +
Loading...
Tiga Atap Rumah Warga Ikut Terbakar
SATU RUMAH HANGUS DI ALANG LAWEH

Tiga Atap Rumah Warga Ikut Terbakar

Senin,26 Februari 2018 - 02:11:08
40 Santri  Khatam Quran
MASJID AL FURQAN PILAKUT

40 Santri Khatam Quran

Senin,26 Februari 2018 - 02:08:25
74 Peserta Ikuti Ajang Mancing Mania di Pasaman

74 Peserta Ikuti Ajang Mancing Mania di Pasaman

Senin,26 Februari 2018 - 02:05:22
Polres Pessel Amankan Tiga Pelaku Curnak

Polres Pessel Amankan Tiga Pelaku Curnak

Senin,26 Februari 2018 - 02:03:17
Lampu Gerbang Kota Pariaman Banyak Rusak

Lampu Gerbang Kota Pariaman Banyak Rusak

Senin,26 Februari 2018 - 02:01:01
Mayoritas JCH Padang Sago Mengidap Darah Tinggi

Mayoritas JCH Padang Sago Mengidap Darah Tinggi

Senin,26 Februari 2018 - 01:59:15
Jual Landak, Seorang Pria di Agam Diciduk Polisi

Jual Landak, Seorang Pria di Agam Diciduk Polisi

Minggu,25 Februari 2018 - 21:56:58
Pertunjukan Musik Pertama di Dalam Studio dan Direkam
1000Sumbart 3 AM Studio Session

Pertunjukan Musik Pertama di Dalam Studio dan Direkam

Minggu,25 Februari 2018 - 21:34:46
Tokoh Muhammadiyah Padang Panjang Tumpangkan Harapan ke Fadly - Asrul

Tokoh Muhammadiyah Padang Panjang Tumpangkan Harapan ke Fadly - Asrul

Minggu,25 Februari 2018 - 05:02:01
Di Padang, Gadis 14 Tahun Tertangkap Menjual Diri
Transaksi Lewat Medsos

Di Padang, Gadis 14 Tahun Tertangkap Menjual Diri

Jumat,23 Februari 2018 - 23:20:01
Selengkapnya