Harian Haluan

Harianhaluan.com

500 Mubaliq Dikirim di Daerah Perbatasan

500 Mubaliq Dikirim di Daerah Perbatasan
Parmusi 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Akidah masyarakat yang berada di daerah perbatasan minoritas muslim harus diperkuat. Tiap tahun Parmusi mengirim 100 hingga 500 orang mubaliq di daerah perbatasan itu di seluruh Indonesia.

Hal itu ditegaskan Ketua Parmusi Sumbar, Darmadi, didampingi pengurus lain, Irwan Syofyan. Disebutkannya, Parmusi adalah Ormas Islam untuk memperkuat akidah umat yang ada di seluruh Indonesia termasuk di Sumbar. "Kita di Sumbar pun sudah melakukan banyak aktivitas untuk meningkatkan aqidah umat," ujar Darmadi kepala Haluan, Selasa (13/2).

Di samping itu, Parmusi Sumbar juga bekerjasama dengan BRI Syariah dalam memberikan pinjaman untuk modal usaha masyarakat kecil warga Parmusi. Dikatakannya, pada 23 - 24 Februari mendatang Parmusi Sumbar akan melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) III di Asrama Haji. Sebab, dalam 5 tahun kepengurusan harus melaksanakan Muswil minimal sekali.

Dalam Muswil tersebut diagendakan beberapa kegiatan, mulai dari mendengar laporan pertanggung jawaban pengurus sebelumnya, menyiapkan program 5 tahun ke depan, hingga memilih pemimpin wilayan Parmusi periode 2016-2021.

Menjelang Muswil tersebut, mencuat beberapa nama calon ketua wilayah Parmusi Sumbar seperti, Irwan Syofan, Amora Lubis, Syafril Ilyas, dan Suhardiman Furkoni.

Sistem pemilihan yang dilakukan dengan membuat sistem formatur untuk memilih ketua wilayah. Ditambahkannya, Parmusi adalah cikal bakal Partai Muslimin Indonesia yang didirikan tahun 1969, lalu tahun 1971 peserta pemilu bersama 9 partai politik lainnya. Parmusi menjadi kekuatan politik signifikan dalam tubuh PPP. Parmusi berada pada banyak partai yang memberikan kebebasan kepada pengurus dan anggotanya.

Namun, kini Parmusi lebih fokus bergerak pada penguatan umat, dakwah sosial, dan ekonomi kemasyarakatan. Sejak muktamar tahun 2015 lalu, parmusi memiliki paradigma baru, conecting muslim yang bergerak dibidang dakwah, ekonomi, sosial, dan pendidikan sehingga menjadi kekuatan umat tersebut. Parmusi juga menyiapkan kadernya yang akan terjun ke dunia politik. Lalu kader Parmusi tak terkontaminasi dengan paradigma pragamatis.

Diimbau kepada tokoh Parmusi dan kepala daerah, ambil bagian dalam kegiatan ini. Muswil yang direncanakan akan diikuti 75 orang ini akan dibuka oleh Ketua Parmusi Pusat, H Usamah Hisam, dan dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (h/mg-mel)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...