Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pengurus FKSB Padang Dikukuhkan

Pengurus FKSB Padang Dikukuhkan
Forum Kelompok Siaga Bencana (FKSB) Kota Padang 

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengukuhkan kepengurusan Forum Kelompok Siaga Bencana (FKSB) Kota Padang masa bakti 2018-2023 di Palanta Rumah Dinas Walikota, Minggu kemarin.

Seperti diketahui, keberadaan forum ini sangat penting dalam upaya memberikan perlindungan bagi masyarakat. Mulai dari ancaman, risiko dan dampak bencana disertai upaya penanggulangannya.

Walikota menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan selamat kepada kepengurusan FKSB yang baru untuk masa bakti 2018-2023.

“Selamat bagi bapak ibu yang dilantik, semoga semuanya saling solid dan kompak dalam melaksanakan tugas kebencanaan di Kota Padang khususnya ataupun juga di daerah lainnya,” ucapnya.

Mahyeldi mengulas, bahwasanya Kota Padang merupakan kota yang memiki potensi luar biasa. Baik sumber daya masyarakat (SDM), keindahan alam dengan berbagai objek wisata dan masih banyak lainnya. Namun ditengah melimpahnya potensi itu di satu sisi juga terdapat tantangan. Yaitu potensi bencana yang suatu saat bisa terjadi.

“Maka itu di sini arti penting keberadaan FKSB, sebagaimana diharapkan untuk bisa mengedukasi masyarakat dan mengurangi risiko terhadap bencana yang terjadi. Semoga, pengurus FKSB Kota Padang beserta di tingkat kecamatan dan kelurahan, senantiasa melakukan tugasnya dengan baik selaku perpanjangan tangan pemerintah dalam urusan kebencanaan,” harapnya.

Wako menjelaskan, menyikapi urusan kebencanaan di Kota Padang ia telah memprogramkan Padang sebagai kota cerdas bencana. Dimana menyiapkan sekolah-sekolah, kantor dan masyarakat cerdas terhadap bencana.

“Untuk ini, FKSB memiliki peran bersama lembaga terkait lainnya untuk bisa mengadvokasi masyarakat dalam upaya mitigasi bencana sesuai program yang direncanakan. Kita bersyukur, keberadaan dan partisipasi FKSB sejauh ini sangat luar biasa. Itu terlihat dari aktifnya mereka baik sewaktu dan juga sebelum bencana terjadi,” imbuhnya.

Lebih lanjut diharapkannya, FKSB Kota Padang harus tetap solid dengan masing-masing pengurus dan anggota mengikuti aturan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi.

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...