Harian Haluan

Harianhaluan.com

Agam Terus Dorong Sekolah Siaga Bencana

Agam Terus Dorong Sekolah Siaga Bencana
Ilustasi/Haluan 

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Komunitas pembelajar yang komit akan budaya aman dan sehat, sadar akan risiko, memiliki rencana yang matang serta siap merespon situasi lingkungan, apabila hal ini tercapai itulah yang disebut sekolah aman atau siaga bencana.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Yunaidi, Selasa (13/3).

Dikatakannya, sekolah siaga bencana itu dimana warga sekolahnya memiliki kemampuan untuk mengelola risiko bencana di lingkungannya. Mengapa penting rencana kesiapsiagaan.? karena kesiapsiagaan itu adalah memperkecil risiko bencana yang terjadi.

"Kesiapsiagaan menjadi acuan bagi segenap warga sekolah, dalam menuju sekolah siaga," kata Kabid PK.

Kepala Pelaksana BPBD Agam melalui Kabid PK berharap kepada seluruh siswa untuk peduli dengan segala hal. Peduli akan sampah, peduli dengan teman, guru dan masayarakat, sampai-sampai kita itu harus peduli dengan bencana.

Untuk itu sebelum terjadi bencana perlu beberapa persiapan yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah. Kepada pengurus OSIS dibawah bimbingan pembina dan kepala sekolah segera rapatkan dan susun kegiatan peduli bencana.

Nanti pihak BPBD dan instansi terkait akan memberikan pembekalan kepada siswa dan pelaksana kelompok siaga bencana sekolah. Hal ini sangat penting dalam mencapai apa yang disasar. (h/yat)

 

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...