Harian Haluan

Harianhaluan.com

Jalan Lingkung Koto Tinggi Agam Diresmikan

Jalan Lingkung Koto Tinggi Agam Diresmikan
JALAN LINGKUNG -- Jalan lingkung jorong Koto Tinggi nagari Ampek Koto Palembayan yang dibangun menggunakan dana CSR PT.PLN. 

AGAM, HARIANHALUAN.COM – Bupati Agam Indra Catri meresmikan pemakaian jalan beton lingkung Jorong Koto Tinggi, Nagari Ampek Koto, Kecamatan Palembayan yang dibangun PT.PLN, Senin (12/2).

Jalan beton sepanjang 2 Km dengan lebar 1 meter, menghabiskan dana Rp150 juta. Pengerjaannya dilakukan oleh masyarakat setempat sejak 6 Oktober sampai 21 Desember 2017.

Manajer Bidang Hukum, Komunikasi dan Pertanahan PT. PLN UIP I Medan, Said Mukaram pada acara peresmian mengatakan, pembuatan jalan beton merupakan program pemerintah pusat menggunakan dana CSR (Corporate Social Responsibility) PT. PLN dengan tujuan mempercepat pembangunan di daerah terpencil.

Jalan ini berada dalam zona ring I proyek PLTA Masang-2 yang sagera akan dibangun.

PLTA Masang-2 dengan kapasitas 2x26 mw yang lokasinya dekat jorong Koto Tinggi Palembayan,setelah selesai nantinya akan terkoneksi dengan PLTA lainnya di Sumatera. Luas areal yang dibutuhkan untuk membangunnya sekitar 3.300 meter persegi.

Sementara itu Bupati Agam Indra Catri, mengucapkan terimakasih atas bantuan dan apresiasi PT. PLN terhadap pembangunan infra struktur jorong, kaena jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat terutama untuk mengangkut hasil tani.

Kepada masyarakat diminta bupati untuk menjaga dan merawat jalan agar terus dapat berfungsi melancarkan transportasi pedesaan.

Jorong Koto Tinggi nagari Ampek Koto hingga saat ini masih dalam kategori terpencil di kecamatan Palembayan karena jalan menuju jalan utama sepanjang sekitar 8 Km, masih banyak bagian yang rusak.

Menurut tokoh masyarakat setempat yang juga mantan wali nagari Ampek Koto,Naswendi, jorong Koto Tinggi merupakan sentra perkebunan rakyat di kecamatan Palembayan dengan tanaman utama Manggis, kemiri dan karet dan durian.

"Bahkan saat ini Jorong Koto Tinggi sentra Manggis di Sumbar, dalam waktu dekat juga akan dikembangkan pabrik minyak kemiri asli," ungkap Naswendi. (h/ks)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...