Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Kementerian Maritim Pioritaskan Pembangunan Teluk Tapang Pasbar

Kementerian Maritim Pioritaskan Pembangunan Teluk Tapang Pasbar
Bupati Pasaman Barat H.Syahiran persentasekan pembagunan jalan Teluk tapang ke Menko Kemaritiman. (Idenvi Susanto) 

Jhoni berharap tentunya tahun ini pembangunan jalan Pelabuhan Teluk Tapang dapat diprioritaskan. Minimal tahun depan bisa masuk anggaran pemerintah pusat.

"Terpenting data kita siapkan, apalagi mendapat respon yang positif dari Menko Kemaritiman secara langsung," katanya.

Jhoni menilai, operasional Pelabuhan Teluk Patang bakal menggenjot ekonomi Pasaman Barat, bahkan Sumatra Barat secara menyeluruh.

Tidak hanya itu, beroperasinya Pelabauhan Teluk Patang nantinya juga akan memecah beban operasi Pelabuhan Teluk Bayur selama ini. Harapannya, kerusakan jalan nasional menuju Teluk Bayur juga bakal berkurang, seiring dengan mulai beralihnya truk-truk pengangkut komoditas perdagangan melalui Teluk Tapang. Pengiriman barang tak perlu jauh-jauh ke Padang, cukup ke Pasaman Barat.

"Jika akses ini cepat beroperasi, diyakini geliat investor akan lebih cepat di Pasaman Barat," tegasnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga menginginkan Pelabuhan Teluk Tapang ini segera beroperasi. Sebab menurutnyta, sudah terlalu lama pelabuhan berskala Internasional ini terbengkalai.

"Pelabuhan ini sangat strategis untuk menunjang intensitas perdagangan. Tidak saja soal bijih besi, dari pelabuhan ini nanti juga memudahkan aktivitas pengangkutan CPO yang selama ini harus di antar ke pelabuhan teluk Bayur," kata Nasrul saat kunjungan ke Pelabuham Teluk Tapang belum lama ini.

Selain itu, dengan terbukanya akses transportasi pelabuhan kelak akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi, Kabupaten Pasaman Barat masih menyandang sebagai daerah tertinggal. 

Nasrul Abit berharap, operasional Pelabuhan Teluk Tapang bisa mengeluarkan Pasaman Barat dari status daerah tertinggal. Untuk itu perlu kita tinjau dan usulkan kepemerintah pusat. (h/idn) 

 

Ikuti kami di