Harian Haluan

Harianhaluan.com

Wisuda ke-53 PNP, Siapkan Kebijakan yang Mengarah pada Revolusi Industri

Wisuda ke-53 PNP, Siapkan Kebijakan yang Mengarah pada Revolusi Industri
Direktur PNP Surfa Yondri bersama senat usai mewisuda 193 orang lulusan pada wisuda ke-53 PNP,  Sabtu (7/4) di Auditorium PNP.  

PADANG,  HARIANHALUAN.COM--Lulusan Politeknik Negeri Padang (PNP) harus siap hadapi Revolusi Industri 4.0 yang tengah melanda dunia saat ini.  Dimana teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. 

"Kompetensi yang diharapkan di era ini adalah SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, inovatif, menguasai IT, menguasai bahasa internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi, kritis dan punya kemampuan high order thinking. Para wisudawan diminta memacu diri memenuhi kompetensi ini, " terang Direktur PNP Surfa Yondri usai mewisuda 193 orang lulusan pada wisuda ke-53 PNP,  Sabtu (7/4) di Auditorium PNP. 

PNP sendiri, terang Surfa, saat ini juga memacu diri menyiapkan kebijakan-kebijakan yang mengarah pada Revolusi Industri 4.0.

Langkah  langkah stategis tersebut dirumuskan dalam berbagai aspek mulai dari kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, risbang hingga inovasi.
"Untuk itu kami mengajak seluruh unsur pimpinan PNP untuk segera merancang kebijakan yang mengarah kepada peningkatan proses pendidikan yang mampu menjawab perubahan dunia," ucapnya. 

Sejalan dengan hal tersebut PNP telah melakukan berbagai peningkatan di berbagai elemen.  Seperti,  peningkatan mutu pendidikan yang menuntut tenaga kependidikan,  tenaga pendidik,  maupun mahasiswa memiliki sertifikasi dalam keilmuan mereka.  Kemudian mewajibkan setiap pengabdian masyarakat melibatkan mahasiswa. 

Terkait peningkatan kurikulum,  PNP juga menjalin komunikasi dengan alumni untuk mendapatkan masukan,  sehingga PNP selalu dekat dengan dunia industri. Tak sampai disana,  dalam hal standar pelayanan,  PNP juga telah memiliki SOP yang jelas.  

Terbukti dari beberapa prestasi yang diraih,  seperti Peringkat III Keterbukaan Informasi Publik untuk Kategori Perguruan Tinggi dari Komisi Informasi Sumatera Barat. Kemudian mendapatkan pengharaan sebagai Satuan Kerja Berprestasi, dengan Predikat Kooperatif dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negera Kota Padang.(h/san)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...