Harian Haluan

Harianhaluan.com

Jelang Ramadan, Bus di Padang Diserbu Penumpang

Jelang Ramadan, Bus di Padang Diserbu Penumpang
Dokumentasi Haluan 

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jelang Ramadan, penumpang pada beberapa angkutan umum antarkota, kabupaten, dan provinsi meningkat. Hal itu terjadi karena orang-orang ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman pada puasa pertama.

Hari (32), Penjual karcis bus Naikilah Perusahaan Minang (NPM) Padang, di Padang, Selasa (15/5), menuturkan bahwa jumlah penumpang bus itu melonjak menjelang Ramadan. Ia menceritakan, biasanya, bus NPM yang berangkat ke Jakarta hanya 4 unit per hari. Namun, menjelang Bulan Puasa tahun ini, bus NPM yang berangkat ke Jakarta 8 unit per hari dengan 41 orang penumpang pada satu bus. Ia menarik ongkos dari Padang—Jakarta Rp400.000 per penumpang.

Pendri (48), sopir Minibus Ayah, mengatakan, menjelang Bulan Puasa, jumlah penumpang lumayan meningkat sehingga ia tidak terlalu lama menunggu penumpang. Dari Padang ke Payakumbuh, ia menarik ongkos sebesar Rp25.000 per penumpang.

Adapun Anton (43), sopir Minibus Sinamar, juga mengungkapkan hal yang sama. Ia mengutarakan, banyak penumpang yang menaiki busnya pada 16.00—17.00 WIB. Menurutnya, banyak orang pulang kampung pada sore karena mereka berkativitas pada pagi hingga siang atau sore.

“Penumpang sama banyak dari Padang ke Jakarta dan sebaliknya. Penumpang tersebut kebanyakan orang Jawa, yang 60 persenn berangkat dari Sumbar,” katanya.

Intan (20), mahasiswa UNP asal Payakumbuh penumpang Minibus Sinamar, menjelang Ramadan, banyak mahasiswa yang pulang kampung karena banyak libur. Menurutnya, lebih baik menikmati puasa pertama dengan berkumpul bersama keluarga di kampung dan sambil silaturahmi.

Hal senada juga menjadi alasan Suci (21) mahasiswa asal Bukittinggi penumpang Minibus Ayah, untuk pulang kampung ke Bukittinggi dari Padang.

“Saya pulang kampung karena ingin meminta meaaf kepada orang tuanya dan anggota keluarga lainnya di kampung dan ingin puasa pertama di kampung,” tuturnya. (h/mg-pmi)  

Ikuti kami di