Harian Haluan

Harianhaluan.com

Tarawih di Masjid UNP, Ramai Jamaah

Tarawih di Masjid UNP, Ramai Jamaah
Sejumlah Jamaah tengah lakukan Aktifitas tunaikan ibadah sholat tarawih di Masjid LPMP SUMBAR. RIO  

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Suasana hikmat menyelimuti  ibadah salat tarawih di masjid Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat yang terletak di dalam lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (16/5). 

Masyarakat yang berada disekitar kalangan kampus UNP berbaur dengan para mahasiswa UNP mengikuti jalannya ibadah sholat dari awal sampai akhir.

Afrizal, salah seorang jamaah yang datang bersama keluarganya ke masjid LPMP  mengatakan, bersyukur memasuki bulan ramadan dalam keadaan sehat walafiat.

“Setiap orang pasti memiliki harapannya masing-masing di bulan penuh berkah ini. Dan bagi saya pribadi hanya meminta agar tuhan selalu melimpahkan rasa syukur kepada saya dan keluarga,” ujar Afrizal kepada Haluan, Rabu (16/5).

Dari pantauan Haluan, cuaca yang mendung setelah turunnya hujan, tidak menjadi alasan para jemaah untuk tidak mengikuti sholat tarawih di masjid LPMP tersebut.

Agung (20) selaku garin dan juga sekaligus merupakan salah seorang mahasiswa Fisika UNP  mengungkapkan, pada malam pertama menunaikan ibadah salat tarawih ini para jamaah termasuk ramai daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Kan biasanya mahasiswa UNP libur pada bulan juni seperti tahun kemarin. Namun, sebelum masuknya bulan puasa. Umumnya mereka udah pada libur setelah menyelasaikan ujian akhir semester,” tuturnya.

 Hal senada juga dipaparkan oleh mahasiswa pascasarjana UNP yang juga menunaikan salat tarawih di masjid LPMP, Salmi (23).

"Menurut saya, awal Ramadan tahun ini masjid LPMP lebih  ramai dari tahun sebelumnya. Karena kami yang perempuan dihari pertama tarawih ini mesti kembangkan tikar lagi di luar ruang atau di teras masjid,”jelasnya.

 Salat tarawih menjadi salah satu ibadah yag dianjurkan untuk dilaksanakan setiap malam pada bulan suci ramadan, yang dilakukan dengan didahului dengan salat isya dan ditutup dengan sholat Witir. Sebelum menunaikan sholat tarawih, ustad Muhamad Yasir menyampaikan tausyiahnya mengenai beberapa keutamaan yang sangat besar sebelum melakukan salat tarawih dan witir.

“Salah satu diantara keutamaan salat tarawih pada bulan Ramadan, seperti diriwiyatkan Ali bin Abi Thalib, disebutkan barang siapa menunaikan salat tarawih pada malam pertama, maka orang tersebut dibebaskan dosanya, seperti pertama kalii dilahirkan oleh ibunya,” jelas ustad Muhamad Yasir yang menjadi penceramah.(h/mg-rio).

 

Loading...
Loading...
Loading...