Harian Haluan

Harianhaluan.com

Genangan Air Resahkan Masyarakat Ulak Karang

Genangan Air Resahkan Masyarakat Ulak Karang
Pengendara motor melewati jalan yang digenangi air di Bunda Raya, Ulak Karang, Padang, Kamis (17/5). Tio 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Genangan air di sekitar jalan Bunda Raya Ulak Karang Padang semakin membuat warga resah.  Walaupun warga telah berulang kali membuat laporan kepada pihak kelurahan. 

Namun, sampai saat ini belum ada tanggapan lebih lanjut tentang penangangan terhadap jalan yang menjadi salah satu akses menuju kampus I Universitas Bung Hatta (UBH) itu.

Selokan yang tidak berfungsi lagi seperti seharusnya menjadi faktor utama tergenangnya air di jalan tersebut. Air limbah dari rumah-rumah penduduk yang seharusnya mengalir ke selokan berubah menjadi luapan yang mengaliri ruas jalan. Beberapa faktor lain seperti penyumbatan di dalam selokan juga menjadi hal penting yang perlu ditangani serius oleh pihak yang berwenang.

“Kami sudah membuat laporan beserta foto kepada RT maupun Lurah untuk memperbaiki aliran selokan, tapi sampai saat ini belum  ada tanggapan. Segala upaya sudah kami lakukan seperti menimbun jalan dan sebagainya, tapi tetap saja tidak efektif, seharusnya selokan ini dibongkar dan ditata ulang” tutur Jon, salah satu warga setempat, Kamis, (17/5).

Air yang berwarna hitam dan menimbulkan bau busuk itu dinilai warga menjadi salah satu merebaknya wabah penyakit di daerah tersebut. Bahkan tak sedikit pengendara motor yang jatuh akibat lubang-lubang jalan yang tidak terlihat karena tertutup genangnan air. Jika hujan turun, genangan air bahkan sampai setinggi paha orang dewasa dan masuk ke rumah warga.

Warga berharap, adanya penanganan serius dari pihak yang berwenang terhadap jalan yang belum pernah diperbaiki itu. Saat ini masyarakat setempat sudah mengaku pasrah dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak di atas. (h/mg-tio)

Ikuti kami di