Harian Haluan

Harianhaluan.com

Aksi Sosial Ramadan, Pramuka UNP Gelar Bakti Sosial

Aksi Sosial Ramadan, Pramuka UNP Gelar Bakti Sosial
Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang melakukan kegiatan Aksi Sosial Ramadan (ASR) di Korong Lasung Batu, Nagari Sungai Buluah Timur, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman 

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Mengisi bulan suci Ramadan, Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang melakukan kegiatan Aksi Sosial Ramadan (ASR). Kali ini, kegiatan dilaksanakan di Korong Lasung Batu, Nagari Sungai Buluah Timur, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, yang sudah dimulai dari tanggal 31 Mei-4 Juni 2018.

Ketua Sangga Kerja, Arif Budiman mengatakan, bahwa kegiatan Aksi Sosial Ramadan yang rutin digelar setiap tahun itu merupakan bentuk pengabdian Pramuka Universitas Negeri Padang (UNP) terhadap masyarakat dalam mengimplementasikan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sekaligus bentuk bukti nyata Pramuka terjun lansung ke masyarakat.

”Kegiatan ASR ini harus bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dirasakan lansung kehadiran pramuka di tengah tengah lingkungan mereka," terangnya.

ASR kali ini bertema “Semarak Ramadan Wujud Pengabdian Diri Terhadap Masyarakat”. Pada kali ini, Pramuka UNP mengadakan berbagai kegiatan seperti renovasi musala, cek kesehatan gratis bagi masyarakat, penyuluhan bahaya narkoba, pembuatan pondok baca, pemberian Al Quran ke beberapa TPA,Lomba MTQ, buka bersama anak yatim serta pembagian bibit pohon kepada masyarakat.

”ASR kali ini kita melaksanakan 8 kegiatan,semoga dengan diadakannya ASR ini dapat membantu masyarakat dan memberikan edukasi kepada para anak anak dan remaja setempat, ungkap Arif.

Sementara itu, Ketua Racana, Putra Riko Akbar mengatakan, bahwa kegiatan Aksi Sosial Ramadan ini adalah bentuk kepedulian Pramuka UNP terhadap masyarakat dan juga sebagai bentuk pengamalan Tri Satya dan Dasadharma Pramuka.

”Alhmdulilah,kegiatan ASR dapat kembali kami laksanakan kembali pada tahun ini,semoga dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat yang sudah bersedia menerima Pramuka UNP," terangnya.

Ia berharap, semoga para anggota Racana dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kegiatan ASR ini.

”Semoga dalam kegiatan ini anggota bisa mengambil hikmah,pelajaran dan makna yang terkandung sesuai pengamalan dasadharma pramuka, apalagi berkegiatan pada bulan yang sangat suci ini," terangnya.

Terpisah, Wali Jorong Lasung Batu, Randi menyambut baik kegiatan yang dilakukan dan berterima kasih.

"Semoga yang apa yang telah dilakukan oleh dapat bermanfaat terlebih dibulan suci Ramadan. Atas nama masyarakat kami mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Pramuka UNP yang telah peduli dan mau membantu fasilitas umum di lingkungan kami, semoga menjadi ladang amal yang tiada putus” ujarnya.(h/rel)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...