Harian Haluan

Harianhaluan.com

Uji Kelaikan Kendaraan Terkait Narkoba di Padang, Petugas Kembali Amankan Sopir

Uji Kelaikan Kendaraan Terkait Narkoba di Padang, Petugas Kembali Amankan Sopir
Petugas medis memeriksa urine salah seorang sopir angkutan umum di Jembatan Timbang Oto (JTO) di Lubuk Buaya, Padang, Rabu (6/6). Rivo Septi Andries 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Uji kelaikan kendaraan yang digelar tim gabungan Polantas, BNN dan Dishub kembali menemukan pengemudi angkutan yang menggunakan dan menyimpan narkoba. Setelah sehari sebelumnya empat pengemudi berurine positif narkoba, dalam uji yang berlangsung, Rabu (6/6), petugas mendapati dua orang pengemudi terkait narkoba.

Menurut Dirlantas Polda Sumbar KBP Singgamata, mengatakan, dua pengemudi itu merupakan pengemudi angkutan barang, truk yang kedapatan menyimpan ganja. Sementara, seorang pengemudi lainnya, terbukti positif menggunakan narkoba.

“Keduanya kita serahkan ke jajaran Dit Resnarkoba untuk ditindaklanjuti. Kebetulan, Direkturnya, (KBP Kumbul) juga ikut dalam kegiatan ini,”kata Singgamata lagi saat ikut memimpin jajarannya uji kelayakan dekat terminal truk Koto Lalang, Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang.

Pada kegiatan tersebut,para sopir Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) yang terjaring ketika masuk ke Kota Padang, menjalani tes urin dan diperiksa kelengkapan serta kelayakan kendaraaanya oleh Jajaran Ditlantas dan Polresta Padang.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kelalaian sopir maupun kelayakan kendaraan menjelang lebaran Idul Fitri.

Pemeriksaan surat-surat dan kelayakan tersebut dilakukan oleh Ditlantas Polda Sumbar, Satlantas Polresta Padang, bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

Pemeriksaan itu dilakukan dibeberapa tempat selama dua hari ini mulai dari Selasa kemarin dan Rabu (6/6). Adapun lokasinya yaitu di Bandar Buek, Timbangan TPR Lubuk Buaya dan Terminal Truk Koto Lalang.

Informasi dihimpun dari Kombes Singgamata yang menjabat sebagai Ditlantas Polda Sumbar mengatakan kegiatan pemeriksaan kelayakan jalan kendaraan angkutan lebaran tahun 2018 itu pertama kali dilakukan di Timbangan TPR Lubuk Buaya. Disana sekitar 30 Bus AKDP dan AKAP diperiksa satu persatu.

Ikuti kami di