Harian Haluan

Harianhaluan.com

Perantau Pulang Kampung, Sumbar Mulai Padat

Perantau Pulang Kampung, Sumbar Mulai Padat
Sejumlah pengunjung memadati pintu terminal kedatangan domestik di Bandara Internasional Minangkabaui (BIM) Padang Pariaman, Kamis (7/6), Irham 

Secara total penumpang, baik datang atau berangkat, angka pada H-7 mengalami pertumbuhan 8,42 persen dibanding tahun 2017. Pergerakan pesawat juga naik 8,11 persen.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ribuan perantau mulai pulang kampung. Jalan-jalan padat oleh kendaraan. Bandara Internasional Minangkabau (BIM) penuh sesak sejak Sabtu (9/6).  Hitungan otoritas bandara, jumlah kedatangan penumpang mulai meningkat jika dibandingkan tahun 2017 lalu.

General Manajer PT Angkasa Pura II BIM Dwi Ananda mengungkapkan, jumlah penumpang yang tiba di BIM hingga Jumat (8/6) kemarin sebanyak 7.695 orang, meningkat 23 persen dibanding periode arus mudik tahun 2017 lalu, dengan jumlah penumpang tiba 5.912 orang. Hari Jumat saja, lebih seribu orang yang pulang kampung.

"Secara total penumpang, baik datang atau berangkat, angka pada H-7 mengalami pertumbuhan 8,42 persen dibanding tahun 2017. Pergerakan pesawat juga naik 8,11 persen," ujar Dwi Ananda didampingi Humas PT Angkasa Pura II BIM Fendrick Sondra.

Meski demikian, itu belum puncaknya. Angkasa Pura memprediksi puncak arus mudik pada H-3 atau 12 Juni 2018. "Berdasarkan pengalaman tahun lalu dan data statistik diperkirakan H-3, namun demikian mengingat 11 Juni sudah mulai libur ada kemungkinan pada akhir pekan ini terjadi juga lonjakan kedatangan pemudik. Sementara untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada 19-20 Juni serta 23-24 Juni 2018," kata General Manajer PT Angkasa Pura II BIM Dwi Ananda di Padang Pariaman, Kamis.

Sementara sebanyak lima maskapai mengajukan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Padang mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang mudik pada Lebaran 1439 Hijriah. "Hingga saat ini tercatat ada lima maskapai yang telah mengajukan penerbangan tambahan yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink dan Batik Air," kata Humas PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra.

Ikuti kami di